WhatsApp Umumkan Fitur Komunitas untuk Gabungkan Grup-grup WA

WhatsApp mengumumkan fitur Komunitas dalam sebuah pembaruan yang akan datang. Fitur ini merupakan wadah bagi para grup-grup kecil WhatsApp untuk bisa bergabung di dalamnya.
Dalam keterangannya, WhatsApp menyebut, fitur Komunitas akan memungkinkan pengguna untuk menggabungkan grup-grup terpisah di bawah satu payung dengan struktur yang sesuai bagi mereka.
Oleh karena itu, pengguna dapat dengan mudah menerima informasi terbaru yang dikirim ke seluruh anggota Komunitas dan dengan mudah mengorganisir grup-grup yang lebih kecil berdasarkan kategori dan preferensi masing-masing pengguna.
“Komunitas juga akan memiliki fitur baru yang sangat bermanfaat untuk admin, seperti pengumuman yang dapat dikirim ke semua anggota dan kendali atas grup mana saja yang dapat tergabung ke dalam Komunitas,” tulis WhatsApp.
Tujuan WhatsApp merilis fitur Komunitas salah satunya adalah untuk membantu pengguna untuk berbagi informasi dengan cara baru dan mengurangi banjir informasi dalam grup chat yang besar.
Fitur Komunitas merupakan pembaruan yang cukup penting buat WhatsApp dalam membantu pengguna mengorganisir grup-grup kecil, ketimbang membuat fitur grup dengan jumlah member yang sangat banyak.

WhatsApp mengumumkan fitur Komunitas untuk memungkinkan pengguna menyatukan grup terpisah di bawah satu payung. Platform perpesanan milik Meta juga meluncurkan empat fitur baru untuk grup, termasuk penghapusan admin, panggilan suara besar, reaksi pesan, dan berbagi file besar.

Komunitas akan memungkinkan pengguna untuk “menerima pembaruan yang dikirim ke seluruh Anggota Grup dan dengan mudah mengatur grup diskusi yang lebih kecil tentang apa yang penting bagi mereka,” perusahaan mencatat dalam posting blog resmi. Fitur ini juga akan menghadirkan alat baru untuk admin, termasuk pesan pengumuman yang dikirim ke semua orang dan kontrol atas grup mana yang dapat disertakan.

READ  Cara Dapat Kuota Telkomsel Gratis 2020, Internetan Nonstop!

Dengan fitur tersebut, platform perpesanan bertujuan untuk memudahkan sekolah, klub lokal, organisasi nirlaba untuk menyatukan semua orang di bawah satu atap sehingga tidak ada kesenjangan komunikasi. “Kami pikir Komunitas akan memudahkan kepala sekolah untuk menyatukan semua orang tua sekolah untuk berbagi pembaruan yang harus dibaca dan membuat grup tentang kelas tertentu, kegiatan ekstrakurikuler, atau kebutuhan sukarelawan,” platform pesan yang dicatat di blog pos.

WhatsApp menambahkan empat fitur baru untuk grup, termasuk reaksi, penghapusan admin, berbagi file, dan panggilan suara besar.

  • -Reaksi -WhatsApp mendapatkan reaksi emoji untuk memungkinkan pengguna berbagi pendapat dengan cepat tanpa membanjiri obrolan dengan pesan baru. Saat ini, seseorang perlu mengirim pesan untuk menanggapi seseorang dalam grup.
  • -Admin Bisa Menghapus Pesan -Sekarang akan memungkinkan admin grup untuk dapat menghapus pesan yang salah atau bermasalah yang dikirim anggota grup
  • -File Sharing Platform- Fiturberbagi file mendukung file hingga 2 gigabyte sehingga dapat dengan mudah berkolaborasi dalam sebuah pekerjaan.
  • -Panggilan Suara Lebih banyak Peserta– WhatsApp sebelumnya memperluas panggilan grup menjadi 8 anggota dari 4 sebelumnya. Sekarang, perusahaan telah memperkenalkan panggilan suara hingga 32 anggota sekaligus. WhatsApp juga telah mendesain ulang antarmuka panggilan suara.

 

Selain WhatsApp biasa, fitur ini juga akan hadir pada aplikasi WhatsApp Business. Bila kamu adalah pemilik UMKM, kamu dapat menghubungkan grup-grup saat ini ke satu komunitas yang terorganisir dan mengelola usaha dengan lebih mudah. Fitur komunitas tidak akan hadir ke WhatsApp Business API.

Mengenai ketersediaan, WhatsApp mengatakan bahwa fitur-fitur ini akan “diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang sehingga orang dapat mulai mencobanya bahkan sebelum Komunitas siap”. Fitur-fitur ini akan diluncurkan untuk pengguna beta, diikuti dengan rilis stabil.

READ  Film Viral Bokeh Sexxxxyyyy Full Video Bokeh Museum Terbaru 2022
Jika aplikasi lain membuat chat yang dapat menampung ratusan ribu orang, WhatsApp lebih memilih untuk berfokus dalam mendukung grup yang menjadi bagian dari kehidupan pengguna sehari-hari. Ini adalah langkah awal bagi Komunitas di WhatsApp.
 
WhatsApp menyebut Fitur Komunitas akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang dalam bentuk update melalui App Store di iOS maupun Google Play Store di Android. Mereka belum merinci kapan tanggal peluncuran update yang dimaksud.
WhatsApp Umumkan Fitur Komunitas untuk Gabungkan Grup-grup WA (1)

Berikut ini ialah fitur menarik yang akan hadir dalam fitur Komunitas:
  • Reaksi – Reaksi emoji akan hadir di WhatsApp agar pengguna dapat menyuarakan pikiran dan perasaan mereka dengan cepat tanpa membanjiri chat dengan pesan baru.
  • Admin bisa menghapus pesan – Admin grup akan dapat menghapus pesan yang tidak pantas atau bermasalah yang dikirim oleh anggota grup.
  • Berbagi File – Kami akan meningkatkan fitur berbagi file agar pengguna dapat mengirim file yang berukuran hingga 2 GB sehingga mereka dapat dengan mudah berkolaborasi dalam berbagai pekerjaan.
  • Panggilan Suara dengan Lebih Banyak Peserta – Kami akan memperkenalkan fitur panggilan suara yang dapat dilakukan hanya dengan satu ketukan dan dengan jumlah peserta hingga 32 orang. Selain itu, desain baru akan dihadirkan pada fitur ini untuk makin meningkatkan pengalaman pengguna, di saat berkomunikasi secara langsung lebih menjadi pilihan daripada chat.
 
WhatsApp menambahkan, fitur Komunitas ini akan bersifat privat. Artinya, pesan yang beredar di komunitas akan dilindungi enkripsi end-to-end.
Selain WhatsApp biasa, fitur ini juga akan hadir pada aplikasi WhatsApp Business. Bila kamu adalah pemilik UMKM, kamu dapat menghubungkan grup-grup saat ini ke satu komunitas yang terorganisir dan mengelola usaha dengan lebih mudah.
Fitur komunitas tidak akan hadir ke WhatsApp Business API. WhatsApp mengaku tidak ada rencana untuk menghadirkannya.