Mengenal 7 Arti Kode Warna Sekring Mobil dan Cara

Ketahui 7 arti kode warna sekring mobil dan cara menggantinya

Mengenal 7 Arti Kode Warna Sekring Mobil dan Cara

Setiap kendaraan pasti dilengkapi dengan sekring, sekring merupakan komponen kecil pada kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting sebagai alat untuk mencegah terjadinya korsleting pada kelistrikan. Selain itu, sekring juga memastikan berbagai komponen di dalam kendaraan berfungsi secara optimal.

Sekering atau biasa disebut sekering bilah yang terdapat pada sekering mobil biasanya memiliki warna yang menarik. Tak heran jika setiap sekring mobil memiliki warna yang berbeda-beda, selain untuk mempercantik tampilan, perbedaan warna pada setiap sekring juga memiliki arti.

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui atau memahami arti warna pada sekring mobil anda. Oleh karena itu, Wartaoto memberikan sedikit gambaran tentang arti warna pada sekring mobil, agar nantinya Anda tidak salah dalam membeli sekring yang Anda butuhkan.

Secara umum warna sekring yang biasa digunakan pada mobil ada 7 kode warna diantaranya :

Warna Coklat Muda, ini adalah sekering dengan kapasitas 5A
Warna coklat tua, ini sekring dengan kapasitas 7,5 A
Warna merah, ini adalah sekring dengan kapasitas 10 A
Warna biru, ini adalah sekring dengan kapasitas 15 A
Warna kuning, ini adalah sekring dengan kapasitas 20 A
Warna Bening, ini adalah sekering dengan kapasitas 25 A
Warna hijau, ini adalah sekring dengan kapasitas 30 A

Viral: Maserati Granturismo sudah resmi mencobanya di Asphalt Indonesia

Tentu saja, ketika Anda membuka kotak sekering mobil favorit Anda, Anda akan melihat sekering berwarna-warni. Jika Anda sudah mengetahui arti warna sekring dan sedang mengalami situasi di mana salah satu sekring mobil Anda putus, pastikan Anda mengganti sekring dengan warna yang sama.
Cara mengganti sekring mobil yang putus

READ  Film zombie Korea terbaik yang paling seru dan mendebarkan!

Karena fungsinya untuk mencegah korsleting pada sistem kelistrikan, maka tidak heran jika sekring sering putus dan perlu diganti. Hal umum untuk mengetahui sekring putus atau tidak adalah Anda dapat melihatnya di bagian tengah yang terdapat filamen seperti kawat. Jika kabel putus, sekring akan putus. Selain itu, terkadang sekring yang putus juga akan terlihat hangus/terbakar meskipun kabel masih tersambung.
Viral: Sejarah dan Fakta Mobil Legendaris Peugeot

Bila hal ini terjadi pada salah satu sekring mobil Anda, disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Menggantinya sangat sederhana, Anda hanya perlu melepas sekering di saluran listrik yang mati. Namun, karena sekering terkubur di dalam kotak sekering, saat melepas sekering yang putus, cari tahu dulu jalur sekering mana yang Anda coba lepaskan. Untuk mencarinya, Anda bisa melihat denah sekring yang ada di cover kotak sekring mobil Anda. Setelah Anda mengetahui bahwa Anda dapat menggunakan pelepas sekring untuk melepasnya, pelepas sekring itu sendiri biasanya berbentuk tang, yang sudah ada di setiap mobil.

Ingatlah hal ini dan berhati-hatilah agar tidak membuat kesalahan saat mengganti sekering yang putus. Lagi pula, mengganti sekering dengan kapasitas yang berbeda mengarah pada fakta bahwa ada risiko tinggi bahwa kabel atau dudukan lampu akan terbakar.

Sumber :