Tebing Breksi, Objek Wisata Jogja Yang Instagramable

Tebing Breksi, Tempat Wisata Jogja yang Instagramable

Tebing Breksi, Objek Wisata Jogja Yang Instagramable

Tak kalah dengan kota Semarang yang memiliki ngarai coklat nan eksotis, ternyata Yogyakarta juga memiliki tempat wisata bekas galian yang tak kalah indahnya dengan sebutan Bukit Breksi.

Bukit Breksi merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Awalnya, bukit ini hanyalah sebuah tambang biasa, menyerupai bukit kecil setinggi sekitar 20 m. Namun belakangan ini para wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Ijo menyempatkan diri untuk mampir ke tempat ini hanya untuk berfoto.

Tebing Breksi tidak hanya terlihat eksotis tetapi juga menawarkan pemandangan lanskap yang luar biasa. Dari atas tebing, wisatawan bisa melihat Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Barong yang ditopang oleh Merapi yang perkasa. Selain itu, tebing yang menyerupai brown canyon di Semarang ini juga menawarkan panorama sunset yang memikat.

Baca Juga: 5 Tempat Kuliner yang Wajib Dikunjungi di Jogja

Sepintas, tebing breksi adalah tebing tinggi tempat penggalian batu breksi di masa lalu. Saat dilakukan penelitian, Tebing Breksi ternyata merupakan endapan abu vulkanik dari gunung api purba Nglanggeran, Gunung Kidul, dan tebing tersebut sudah masuk sebagai Situs Geokultural Candi Ijo yang perlu dilestarikan dan dilindungi. Oleh karena itu, pemerintah mulai mengubah lokasi penambangan breksi menjadi tempat wisata tebing breksi, yang nantinya akan disulap menjadi taman tebing breksi.
Gambar dari yukdolanjogja.com
Gambar dari yukdolanjogja.com

Seperti diketahui, Breccia Cliff Park merupakan tebing tinggi yang dulunya merupakan tambang batu. Namun ternyata tebing-tebing tersebut terdaftar sebagai situs geologi dan telah ditetapkan sebagai situs Geoheritage Candi Ijo yang perlu dilestarikan dan dilindungi.
Lokasi Tebing Breksi
Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Sekitar 1 kilometer sebelum Candi Ijo (dari jalan Prambanan – Piyungan), Tebing Breksi sendiri termasuk dalam Kawasan Wisata Candi Ijo.
Baca Juga: Daftar 50 Tempat Wisata Di Pantai Gunung Kidul Yogyakarta
Rute Menuju Tebing Breksi
Jaraknya sekitar 7 km dari Prambanan ke tebing. Letaknya di depan Candi Ijo. Jika Anda datang dari arah Jogja, ada rute yang lebih cepat. Sampai di pertigaan Piyungan, Anda bisa berbelok ke kanan. Jalan lurus saja sampai menyeberang jalan Prambanan-Piyungan. Dari sini ikuti petunjuk menuju Candi Ijo. Di kiri jalan ada spanduk bertuliskan Wisata Tebing Breksi.
Biaya masuk
Tebing breksi buka setiap hari, tidak ada biaya khusus untuk masuk ke tebing breksi ini, Anda hanya perlu memberikan kontribusi yang tulus untuk biaya pengelolaan dan membayar jasa perawatan sepeda motor mulai dari Rp 2.000/motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

READ  OPPO Find X5 Pro ditenagai oleh MediaTek Dimensity 9000?

Sumber :