Saung Ranggon: Sejarah, Lokasi, Biaya Masuk

Bekasi sering menjadi tujuan liburan warga Jakarta karena jaraknya yang dekat dan tidak terlalu jauh. Kota Bekasi sendiri memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Saung Ranggon adalah salah satunya.

Saung Ranggon: Sejarah, Lokasi, Biaya Masuk

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik wisata yang unik yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain. Ada beberapa situs sejarah di sini yang memiliki nilai sakral.

Saung-Ranggon-Sejarah-Lokasi-Biaya-Masuk

Selain itu, tempat wisata di Bekasi ini juga menawarkan pemandangan alam yang asri dan segar. Dengan adanya atraksi ini, kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada saat hari libur.

Sekilas Tentang Saung Ranggon

Saung Ranggon merupakan kawasan wisata pendidikan dan budaya yang memiliki situs sejarah sebagai daya tarik wisata utama.

Menurut pemerintah, kawasan ini kemungkinan besar sudah ada sejak abad ke-16. Sayangnya, tempat ini sudah terbengkalai kurang lebih dua abad.

Kemudian, sekitar tahun 1821, Raden Abbas dan pasukan Mataramnya mulai merevitalisasi tempat ini.

Kabarnya, tempat wisata bersejarah berupa rumah panggung ini merupakan peninggalan Pangeran Rangga, salah satu keturunan Pangeran Jayakarta pada abad ke-16.

Bangunan hunian bersejarah ini menempati area seluas 500 meter persegi. Luas bangunannya sendiri adalah 7,2 m x 7,6 m. Rumah panggung ini tingginya 2,5 meter, cukup tinggi untuk sebuah model rumah panggung.

Interior rumah ini berupa satu ruangan tanpa sekat. Ada sebuah ruangan di sudut ruangan.

READ  Tips Menambah Foto di Story Instagram

Meski sama-sama berupa rumah panggung, saung ini memiliki detail struktur yang berbeda.

Coba kita bandingkan dengan replika rumah gadang di kawasan wisata Jembatan Pelangi Padang. Keduanya sama sekali berbeda.

Jika rumah gadang identik dengan bentuk atap lancip di kedua sisinya, namun tidak dengan atap saung ini. Bentuk atap Saung ini berupa Julang Ngapak, model atap datar 2 bidang. Penutup atap terdiri dari sirap kayu.

Tiket masuk Saung Ranggon

Anda tidak perlu menyiapkan budget untuk bisa masuk ke kawasan wisata bersejarah ini karena gratis.

Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan khusus bagi anda yang membawa kendaraan. Tarif parkirnya juga relatif murah. Berikut informasinya:
Pembalasan Tarif
Tiket masuk Rp 0,00 (gratis)
Parkir motor Rp 2.000,00 per unit
Parkir Rp 5,000.00 per unit
Parkir Bus Rp 10.000,00 per unit

Biaya parkir di atas adalah untuk hari kerja. Kemungkinan besar, biaya parkir akan meningkat selama musim liburan dan akhir pekan hari libur bank.
Atraksi Saung Ranggon

Saung Ranggon Bekasi

Objek wisata ini bukanlah objek wisata kekinian seperti Dermaga Rindu di Surabaya. Anda akan sia-sia mencari spot foto atau wahana di sini.

Sebaliknya, tempat ini hanyalah sebuah rumah panggung tua namun sarat dengan nilai sejarah. Mungkin tempat ini sangat menarik bagi para pemerhati sejarah.

Namun tak ada salahnya menjadikan tempat ini sebagai sarana pendidikan, khususnya pendidikan sejarah dan budaya, bagi generasi muda kita.

Selain nilai sejarah, ada hal menarik lainnya yang terlihat jelas di mata wisatawan. Benar sekali, desain arsitekturnya sangat khas dan unik. Meski telah beberapa kali direnovasi, rumah panggung ini tetap mempertahankan keasliannya.

READ  185.62 l53 200 Japanese Youtube

Juga bahan bangunan yang digunakan untuk renovasi harus sama dan bahan pilihan. Tujuannya agar nilai keindahan arsitektur tidak berubah.

Hal ini berbeda jauh dengan objek wisata Jam Gadang Bukittinggi yang juga telah mengalami beberapa kali renovasi, terutama pada bagian atas menaranya.

Bagian ini terus berubah sesuai dengan budaya para penguasa saat itu.

Daya tarik lain dari rumah panggung bersejarah ini adalah terkait dengan tradisi ritual. Para wisatawan berkesempatan untuk menyaksikan ritual mencuci pusaka.
fasilitas Saung Ranggon

Tempat wisata ini terkenal dengan kesederhanaannya. Begitu juga dengan perlengkapannya. Saat berkunjung ke sini, Anda akan menemukan beberapa fasilitas yang umum di tempat wisata lainnya.

Misalnya tempat parkir, mushola dan toilet umum. Ada juga beberapa restoran dan warung makan di satu sisi kabin.

Anda dapat menggunakan restoran atau kios untuk mengisi perut lapar Anda.

Berbagai menu ditawarkan, termasuk makanan khas Bekasi yang terkenal dengan kelezatannya.
Lokasi dan rute menuju Saung Ranggon

Rumah Adat Saung Ranggon

Wisata sejarah ini bertempat di Desa Cikedokan, Cikedokan

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja