Pengertian flash disk: sejarah, jenis, kekuatan, kelemahan

Memahami Flashdisk
Buka baca cepat

Flash disk, sering juga disebut dengan USB drive, pen drive, pocket drive, atau microdisk, merupakan perangkat / file penyimpan data berupa NAND. Di perangkat ini, pengontrol tertanam dan memori data non-volatile, juga dikenal sebagai non-volatile, tidak hilang meskipun tidak ada energi listrik yang tersedia. Komponen flash lebih sederhana dan relatif lebih kecil daripada hard drive. Hal ini dikarenakan flashdisk tidak memerlukan disc, motor atau bagian mekanis lainnya yang bekerja, yang umumnya mempunyai kapasitas penyimpanan 128MB sampai 64GB, menggunakan interface jenis USBC (Universal Serial Bus) yang sangat nyaman dan ringan yaitu 96 x 32 mm dan di bagian belakang bentuknya agak menonjol. Digunakan untuk menyimpan baterai AAA dan LCD (untuk fungsi MP3, perekaman suara dan FM tuner) dan memiliki port USB yang ditutup dengan cover yang bentuknya sama dengan bodi utamanya. Flash disk berisi alat penyimpanan data untuk jenis memori flash NAND (biasa digunakan di kamera digital). Ada yang dikemas dalam ukuran kecil di compact flash, SD card, MMC, dan sejenisnya.
Sejarah Flashdisk

Pengertian-flash-disk-sejarah-jenis-kekuatan-kelemahan
Penemuan flash memory (NOR dan NAND)

oleh Dr. Fujio Masuoka pada tahun 1984 saat masih bekerja di Toshiba sedangkan nama Flash sendiri diberikan oleh rekan-rekannya yaitu Shoji Ariizumi-san. Chip flash jenis NOR yang diperdagangkan diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1988. NOR Flash adalah Flash dasar, yang membutuhkan waktu lama untuk menghapus dan menulis, tetapi menyediakan alamat lengkap dan jalur data serta memungkinkan akses acak ke semua lokasi penyimpanan. Namun, sangat baik untuk mengganti ROM model lama di mana kode program yang tersimpan dapat diperbarui. Salah satu contohnya adalah BIOS NAND Flash yang diumumkan oleh Toshiba pada tahun 1989, yang menjalankan proses tulis dan hapus yang lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit ruang untuk chip per sel.
Baca lebih lanjut: Tipografi adalah

READ  Puasa adalah: pengertian, hikmah, konsep, rukun, hukum, jenis

Karena kapasitasnya ditingkatkan tetapi biayanya

dapat dikurangi, jenis flash ini cocok untuk penyimpanan sekunder. Belum bisa dipastikan siapa yang pertama kali mengembangkannya, karena ada tiga perusahaan kontroversial yaitu M-Systems, Netac dan Trek 2000 flash drive yang dipasarkan di Amerika oleh IBM pada tahun 2001. Besarnya data yang bisa disimpan saat ini titik waktu adalah 8 MB. Data terakhir pada November 2006 mencapai 64 GB. Tidak hanya ukurannya yang bertambah, bentuk dan fungsinya juga berubah. Tersedia flash drive dengan desain berputar sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan penutup. Ada juga flash drive berlapis karet untuk membuatnya tahan air, atau dilengkapi dengan pengait agar mudah digantung. Sebuah flash drive bahkan dibuat dalam bentuk model kartu kredit. Namanya USB ramah dompet. Ukurannya hanya 86 x 54 x 1,9 mm.

Sehingga bisa disimpan dengan aman di dompet. Untuk alasan keamanan, flash drive saat ini dibatasi untuk melindungi data yang ada sehingga tidak dapat diakses oleh siapa pun yang bukan pemiliknya. Metode kerja saat ini melibatkan penggunaan token untuk enkripsi disk penuh atau otentikasi fisik. Sistem terbaru yang diperkenalkan pada pertengahan 2005 adalah sidik jari biometrik. Namun metode pengamanan ini sangat mahal karena menggunakan teknologi tinggi. Faktanya, penggunaan flash drive telah berkembang untuk berbagai tujuan. Misalnya, satu artikel menjelaskan langkah-langkah untuk menyiapkan flash drive untuk memulai Windows XP. Persyaratan utamanya adalah motherboard dan BIOS komputer kita dapat mendukung manajemen boot dari flash drive. Beberapa aplikasi juga dapat dijalankan dari flash drive tanpa menginstalnya terlebih dahulu di komputer Anda.
Jenis-jenis flash disk

Jenis-jenis flash disk

Dengan perkembangan teknologi digital, metode penyimpanan data yang sangat cepat, beberapa merek dagang USB flash disk ini bermunculan. Futures juga ada beberapa pada setiap flashdisk, misalnya ada MP3 player dan juga video player (MP4) dan lain sebagainya.
Di bawah ini saya akan menunjukkan beberapa merk flash disk yang banyak dijual di pasaran:

READ  Virus - Pengertian, Ciri-ciri, Bentuk, Struktur Tubuh, Klasifikasi

Drive USB Kingstoon
Drive USB V-Gen
Drive USB Adata
Drive USB SanDisk
Drive USB

Kekuatan dan kelemahan Flashdisk

Di bawah ini adalah beberapa pro dan kontra dari flashdisk:
1. Sangat praktis

Stik USB sangat praktis (portabel). Dibandingkan dengan floppy disk, Zip drive, dan CD, drive USB jauh lebih mudah dalam hal portabilitas. Bisa

 

LIHAT JUGA :

https://rollingstone.co.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://www.kuliahbahasainggris.com/
https://www.sekolahbahasainggris.co.id/
https://www.ilmubahasainggris.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://www.mobifrance.com/