Pengertian Passive Voice Dalam Bahasa Inggris, Rumus

Definisi, rumus dan contoh kalimat pasif “lengkap”

passive-voice

A. Definisi kalimat pasif

Kalimat pasif adalah konstruksi gramatikal (bentuk gramatikal) di mana subjek kalimat tidak melakukan tindakan apa pun, tetapi menerima tindakan atau diikuti oleh agen lain (aktor tindakan) (penerima tindakan), baik dinyatakan atau tidak.

Di sisi lain, dalam konstruksi aktif, subjek berhubungan langsung dengan kata kerja yang bertindak sebagai agen tindakan. Klausa aktif dapat diubah menjadi klausa pasif, tetapi hanya verba transitif (diikuti oleh objek langsung) yang dapat digunakan dengan cara ini. Dalam bahasa Indonesia, ciri-ciri klausa pasif adalah kata kerja yang diawali dengan “di-” dan ada pula yang memiliki awalan “ter-”. “(tergantung konteks kalimatnya).

B. Rumus Suara Pasif

Rumus untuk kalimat pasif adalah sebagai berikut.

pasif

Perkataan:

Kata kerja bantu dapat berbentuk kata kerja bantu utama be (is, are, am, was, were, be, be, Being), gabungan dua kata utama (is / are Being, was / were Being, has / have been ) atau antara kata kerja bantu utama dan modal (akan, akan menjadi); sedangkan past participle yang digunakan adalah verba transitif.

C. Contoh pasif

Berikut adalah beberapa contoh kalimat pasif:

  • AKTIF: Jane membantu Tina. (Artinya: Jane membantu Tina)
  • PASIF: Tina sedang membantu Tina. (Artinya : Tina dibantu oleh Jane)
  • AKTIF: Rangga baru saja mencuci mobilnya
  • PASIF: Mobil Rangga baru saja dicuci sendiri
READ  Pengertian BMKG, Sejarah, Kedudukan, Tugas, Kegiatan

Nah, itulah penjelasan dari passive voice. Ingat, ketika mengubah aktif menjadi pasif, selalu letakkan kata “By” di akhir kalimat. Kata “By” menunjukkan kalimat pasif. Semoga bermanfaat bagi teman-teman IBI

Sumber :