Pengertian Paragraf Naratif, Ciri, Macam Beserta Contoh

Definisi paragraf naratif

paragraf-naratif

Secara sederhana, paragraf ini dapat diartikan sebagai rangkaian kalimat yang disusun untuk menjelaskan gagasan pokok. Ada banyak cara untuk menyusun kalimat agar menjadi paragraf yang mudah dipahami.

Cara penyusunan kalimat tersebut dikenal dengan istilah pola pengembangan paragraf, atau sering disebut dengan teknik pengembangan paragraf.

Ada berbagai pola pengembangan penjualan termasuk pola deduktif, induktif, kausal, deskriptif, prosedural, keteladanan, kontradiksi, komparatif, dan bahkan kronologis.

Istilah paragraf naratif adalah jenis esai yang mengungkapkan cerita, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan urutan peristiwa atau kejadian. Paragraf naratif ini merupakan paragraf yang berisi deskripsi suatu peristiwa yang tersusun dalam satu satuan waktu.

Biasanya karakter mengalami peristiwa penting selama acara berlangsung, atau bahkan selama acara berlangsung. Sesuatu yang dialami oleh karakter atau konflik antar karakter akan menjadi bagian yang menarik dari sebuah narasi.

Dalam paragraf naratif, baik kalimat maupun kalimat lain memiliki hubungan yang berurutan. Dalam paragraf naratif, setiap peristiwa – yang diberikan dalam bentuk kalimat – memiliki karakter kronologis. Konjungsi juga digunakan untuk menghubungkan kalimat dalam paragraf.

Fitur bagian naratif

Ciri-ciri paragraf naratif ini, antara lain sebagai berikut:

  • Ada karakter, tempat, waktu dan situasi yang diceritakan
  • Dipengaruhi oleh urutan waktu atau juga urutan kejadian
  • Tidak hanya dalam fiksi (cerpen, novel, roman) tetapi juga dalam non-fiksi (biografi, kisah nyata di surat
  • kabar, sejarah, sejarah perjalanan).
READ  Pengertian, Jenis Dan Contoh Lengkap "ADJECTIVE"

Contoh paragraf naratif

Dia adalah Nita Anggraini. Delapan tahun. Ibunya adalah asisten rumah tangga, ayahnya seorang petani. Mereka tinggal di Dawuran, desa subur di Plered, Bantul, selatan Yogyakarta. Meski gaji sang ayah rendah, istri dan anaknya bahagia. Nita memiliki boneka neraka yang besar.

Minggu pagi, 29 Mei, si kecil menemani ibunya menyiapkan makanan di dapur. Ayahnya sedang menonton TV di ruang tamu. Tanah tiba-tiba bergoyang. Bergetar selama lebih dari 30 detik. Ibunya segera menghampiri Nita dan bergegas ke lapangan. Sang ayah lari keluar rumah.

Dari kejauhan mereka melihat rumah mereka telah jatuh ke tanah. Debu telah naik. Saat dia menggendong Nita, ayahnya mendekatinya dengan terengah-engah. Tidak hanya rumahnya yang roboh, ada juga rumah-rumah lain yang mengalami hal serupa.

Jenis paragraf naratif

Paragraf naratif ini secara umum dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu sebagai berikut:

Paragraf Naratif Garis Waktu

Paragraf kronologis menggambarkan garis waktu peristiwa. Ini sering disebut sebagai kronologi. Kata-kata yang menunjukkan stempel waktu antara lain mulai besok, dua minggu lalu, beberapa hari yang lalu, pukul 10.00 WIB, kemarin dan nanti.

Paragraf naratif ini bisa berupa fakta dan fiksi. Narasi faktual ini berbentuk biografi atau otobiografi seorang tokoh. Narasi fiksi ini terdiri dari karya sastra yang membentuk prosa, seperti cerpen, novel, dan drama.
Contoh bagian naratif di timeline

Sore ini suasananya terlihat berbeda dengan beberapa hari yang lalu. Seluruh siswa dan anak sekolah terlihat antusias dan bersemangat, karena pada pukul 1 siang. ada karnaval budaya di mana semua siswa dan siswa dari kelas X hingga XII ambil bagian. Segala macam perlengkapan kostum serta properti telah disiapkan beberapa hari sebelum karnaval budaya ini.

READ  3 Istilah Marketing (Discount, Sale, Cash Back)

Urutan Paragraf Naratif di tempat Kejadian

Dalam paragraf narasi tentang urutan lokasi ini, disorot lokasi atau lokasi kejadian / kejadian.
Contoh paragraf naratif untuk pemesanan di tempat

Halaman depan gedung pengadilan besar itu dikerumuni ratusan orang. Mereka dikabarkan menjadi pendukung salah satu temannya yang nantinya akan diadili jika terjadi pencemaran nama baik. Ketika hakim tiba di ruang sidang, dia membuka persidangan. Penonton memenuhi sebagian kursi di ruangan yang sama. Suasana selama persidangan tidak terkendali. Hakim mencoba menenangkan segalanya. Upaya itu berhasil. Jaksa, hakim, dan pengacara meninggalkan tempat itu dan pergi ke ruang khusus di lantai dua. Di sana saksi dan terdakwa duduk gelisah.

Sekian penjelasan pengertian paragraf naratif, fitur, jenis dan contoh, semoga yang telah diuraikan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sumber :