Koneksi internet: sejarah, karakteristik, jenis, langkah-langkah

Dasar-dasar koneksi internet
Buka baca cepat

Koneksi Internet adalah hubungan yang ada antara perangkat komputerisasi seperti (komputer pribadi, smartphone, modem, dll.) Dan jaringan Internet yang diciptakan oleh teknologi komunikasi di antara mereka. Sambungan Internet mengharuskan perangkat terkomputerisasi memiliki protokol yang disebut TCP / IP. Tanpa protokol ini, tidak ada koneksi internet yang dapat dibuat seperti dijelaskan di atas. Dengan membuat koneksi internet, perangkat komputerisasi dapat dihubungkan bersama membentuk jaringan internet yang sangat luas yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu.

Koneksi-internet-sejarah-karakteristik-jenis-langkah-langkah

Sejarah internet

Cikal bakal jaringan internet saat ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan AS dengan nama ARPAnet (Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan AS). ARPAnet dikembangkan dengan tujuan membuat jaringan komputer terdistribusi untuk menghindari pemusatan informasi pada titik yang dianggap rawan kehancuran jika terjadi perang. Dengan cara ini, jalur tersebut diharapkan dapat secara otomatis ditransfer melalui jaringan ke saluran lain jika ada bagian dari jaringan yang terputus. Pada awal 1980-an ARPANET dipecah menjadi dua jaringan yaitu ARPANET dan Milnet (jaringan militer), namun keduanya memiliki hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan. Awalnya jaringan koneksi ini disebut DARPA-Internet, namun lama-kelamaan hanya disebut Internet.

Setelah itu, Internet digunakan untuk tujuan akademis dengan menghubungkan beberapa universitas, masing-masing UCLA, Universitas California di Santa Barbara, Universitas Utah, dan Institut Riset Stanford. Ini diikuti dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet, dimana Internet dapat diakses melalui komputer pribadi (PC). Ini diikuti dengan pengenalan protokol TCP / IP standar pada tahun 1982, diikuti dengan penggunaan sistem Layanan Nama Domain (DNS) pada tahun 1984. Pada tahun 1986, Jaringan Yayasan Sains Nasional (NSFNET) didirikan, dengan para peneliti di seluruh negeri. 5 pusat super terhubung. Komputer. Jaringan ini kemudian dikembangkan untuk menghubungkan berbagai jaringan akademik lain yang terdiri dari universitas dan konsorsium penelitian. NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan penelitian utama di Amerika hingga ARPANET secara resmi dibubarkan pada bulan Maret 1990. Ketika NSFNET didirikan, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, dan Jepang akan segera bergabung dalam jaringan ini.

READ  Pengertian flash disk: sejarah, jenis, kekuatan, kelemahan

Awalnya, Internet hanya menawarkan layanan berbasis teks

, termasuk akses jarak jauh, email / messaging, dan diskusi melalui newsgroup (Usenet). Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) belum ada pada saat itu. Hanya ada satu layanan bernama Gopher, yang dalam beberapa hal mirip dengan web yang kita kenal sekarang, hanya saja sistem kerjanya masih berbasis teks. Kemajuan substansial dibuat pada tahun 1990 ketika World Wide Web dikembangkan oleh CERN (Laboratorium untuk Fisika Partikel di Swiss) atas saran dari Tim Berners-Lee. Namun browser WWW pertama lahir dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1992, dengan nama Viola. Viola diciptakan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. Tentu saja web browser pertama itu masih sangat sederhana dan belum secanggih browser modern yang kita gunakan saat ini.

Terobosan besar lainnya datang pada 1993 ketika InterNIC

didirikan untuk mengoperasikan layanan pendaftaran domain. Pada saat yang sama, Gedung Putih mulai online, dan pemerintah Amerika Serikat mengesahkan Undang-Undang Infrastruktur Informasi Nasional. Penggunaan Internet secara komersial dimulai pada tahun 1994 ketika Pizza Hut memelopori perbankan Internet dan perbankan Internet pertama kali digunakan oleh First Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai membawa publik ke Internet. Di Indonesia kami baru bisa menggunakan layanan internet komersial pada tahun 1994. Sebelumnya beberapa universitas seperti Universitas Indonesia telah terkoneksi dengan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas ke jaringan luar negeri. Koneksi internet yang digunakan oleh setiap pengguna tentunya akan berbeda-beda tergantung dari pro dan kontra masing-masing pengguna. Berdasarkan kelompoknya, koneksi internet yang digunakan ada dua jenis, yaitu koneksi internet kabel dan nirkabel (nirkabel). Namun, bab ini menjelaskan koneksi Internet kabel.
Properti koneksi internet

READ  Pengertian Paragraf Naratif, Ciri, Macam Beserta Contoh

Phy

 

LIHAT JUGA :

http://geografi.upi.edu/video-bokeh-link-full/
http://geografi.upi.edu/gelombang-elektromagnetik/
http://geografi.upi.edu/laju-reaksi/
http://geografi.upi.edu/kinemaster-pro/
http://geografi.upi.edu/alight-motion-pro/
http://geografi.upi.edu/whatsapp-gb-apk-pro/
http://geografi.upi.edu/wa-web-di-pc/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/pengertian-gelombang-elektromagnetik/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/kinemaster-pro/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/alight-motion-pro/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/gelombang-elektromagnetik/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/kinemaster-pro/