Contoh Explanation Text : Proses Terjadinya Pelangi

Contoh teks eksplanasi: Proses terjadinya pelangi dalam bahasa Inggris

contoh-explanation-pelangi

Teman-teman IBI perlu familiar dengan teks eksplanasi dalam bahasa Inggris, bukan? Explanatory text adalah teks dalam bahasa Inggris yang menjelaskan terjadinya suatu peristiwa atau hal. Nah disini kita akan membahas tentang proses munculnya pelangi dalam bahasa inggris yang bisa sobat IBI pahami dengan baik.

Pelangi adalah fenomena alam berupa fitur optik dan meteorologi yang berwarna-warni, paralel indah yang ada di langit. Pelangi tercipta melalui proses pembelokan cahaya atau sesuai permintaan dengan pembiasan, proses pembiasan pada pelangi disusun dalam struktur dan selanjutnya menciptakan keindahan pelangi yang berwarna-warni.
Bagaimana proses terbentuknya pelangi? Fase-fase berikut:
Kelengkungan cahaya (pembiasan)
Pelangi tercipta saat cahaya dibiaskan, saat cahaya matahari terkena air hujan. Pelangi hanya dapat dilihat pada hari hujan dan disertai dengan sinar matahari bahkan menunjukkan posisi pengamat yaitu antara hujan dan sinar matahari maka ada sinar matahari di belakang pengamat, sehingga ada garis lurus antara matahari, pengamat dan busur sebuah pelangi dan menjadi pelangi hasil proses pembiasan.
Ikuti langkah-langkah pada gambar dan penjelasannya:
Gambar proses terbentuknya pelangi
proses munculnya pelangi
ilustrasi 1
Proses gambar Pelangi
Gambar 2: selesai
Penjelasan urutan terjadinya Pelangi 2 Gambar diatas :
Pembiasan sinar matahari. Pelangi diciptakan oleh pembiasan sinar matahari (cahaya), yang dibelokkan dalam arah gerakan yang berbeda dari satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air di atmosfer.
Sinar matahari jatuh melalui lubang air. Ketika sinar matahari jatuh melalui tetesan air, cahaya terdistorsi sehingga memisahkan warna dengan warna lainnya.
Defleksi ringan. Setiap warna pelangi dibelokkan pada sudut yang berbeda, sehingga Anda mendapatkan warna yang indah di pelangi.
Hasilnya adalah warna pelangi. Warna pertama di Belokkan adalah ungu sedangkan warna terakhir di Belokkan adalah merah dan warna lain dari pelangi menyusul, yaitu Oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan kemudian kita akan melihat warna pelangi secara keseluruhan, yang disebabkan oleh geometri optik dalam mengartikan warna.
Munculnya pelangi dalam proses video
Setelah menonton videonya, pasti akan menarik untuk mengetahui Rainbow Anda
Bagaimana warna pelangi bisa terbentuk?
Prosesnya dimulai dengan sinar matahari karena sinar matahari memiliki beberapa warna yang berperan penting dalam pembentukan pelangi. Cahaya matahari disebut polikromatik. Cahaya yang dirasakan oleh mata telanjang manusia hadir dalam 7 warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, yang disebut cahaya tampak di langit. Menurut fisika cahaya tampak, mereka adalah gelombang elektromagnetik yang muncul karena adanya medan magnet dan medan listrik.
Cahaya tampak memiliki panjang yang berbeda-beda, mulai dari 4000 7000 A sampai A dan sepertinya cahaya juga memiliki frekuensi 4,3 x 1014 Hz.
Mengapa urutan warna pelangi selalu sama?
Nah pertanyaannya, mengapa warna merah dan ungu selalu berada di atas dan di bawah warna pelangi lainnya?
Hal ini dikarenakan cahaya merah merupakan bagian dari spektrum cahaya tampak yang memiliki frekuensi paling rendah atau panjang gelombang terpanjang dibandingkan dengan cahaya tampak lainnya, dan cahaya ungu memiliki frekuensi dengan panjang gelombang tertinggi dan terpendek. Inilah sebabnya mengapa merah dan ungu tidak bertabrakan. Warna merah adalah ujung pelangi dan warna ungu berada di paling bawah pelangi dan antara warna merah dan ungu, dikelilingi oleh warna, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan seterusnya pelangi akan sempurna.
Setelah kita memahami bagaimana proses terbentuknya pelangi. Kita akan membahas jenis-jenis pelangi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang kita ketahui yang dapat dibedakan dari berbagai jenis pelangi

READ  Harga Rumah di Jakarta Kemahalan, Sophia Latjuba Nomaden

Sumber :