Brainware adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Tugas, Contoh

Memahami Brainware
Baca Cepat Buka

Brainware adalah orang yang mengoperasikan atau menggunakan komputer. Contoh brainware adalah programmer, netter, dan pengguna komputer lainnya. Biasanya brainware sering disebut sebagai alat intelektual yang akan menggunakan atau mendalami kapabilitas dari perangkat keras / perangkat keras atau perangkat lunak / perangkat lunak. Pengguna komputer biasa disebut dengan pengguna.
Fungsi Brainware

Brainware-adalah-Pengertian-Fungsi-Jenis-Tugas-Contoh

Fungsi perangkat otak meliputi:

Mengoperasikan komputer yang bertugas membuat, menjalankan, memelihara program komputer.
Lakukan penginputan data dan manfaatkan keluaran dari komputer.
Menyusun perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Jenis-Jenis Brainware

Ada beberapa jenis brainware, diantaranya sebagai berikut:
1. Operator Komputer

Operator komputer adalah orang yang bertanggung jawab untuk memproses data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditentukan dalam runbook yang disusun oleh Programmer. Disini perlu ada batasan agar operator tidak bisa memodifikasi program sebelum atau selama program berlangsung.
2. Pelatih

Trainer adalah Brainware yang memiliki ilmu lebih dari yang lain, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
Baca Lebih Lanjut: Struktur Teks Penjelasan

3. Teknisi

Seorang teknisi adalah orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan semua jenis masalah komputer. Seorang teknisi harus memiliki pengetahuan yang luas tentang pemecahan masalah dan sebagainya.
4. Manajer Proyek

Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando dalam suatu proyek tertentu.
5. Desainer Grafis

Desainer Grafis merupakan Brainware yang berkecimpung di dunia Desain Grafis dan mahir dalam membuat objek animasi.
6. Konsultan

READ  7 Bentuk Idiom Untuk Mendeskripsikan Orang Lain

Konsultan adalah Brainware yang akan bertanggung jawab layaknya pemandu yang handal dibidangnya.
7. Spesialis Jaringan

Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan Jaringan Komputer.
Komponen Brainware

Berikut ini adalah beberapa komponen dari brainware, diantaranya:
1. Operator

Operator komputer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memproses data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang disiapkan oleh Programmer. Di sini perlu ada batasan agar operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program berlangsung.
2. Analis Sistem

Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas perencanaan dan penelitian dalam pemilihan perangkat lunak beserta kebutuhannya sesuai dengan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang analis harus memiliki keterampilan seperti manajerial, teknis, analitis, dan interpersonal.
3. Konsultan

Konsultan adalah brainware yang memiliki pengetahuan di bidang komputerisasi tetapi biasanya tidak memiliki peran untuk menangani secara langsung, hanya sebagai penasihat yang dapat diandalkan. Bisnis atau perusahaan membutuhkan komponen ini untuk mencari solusi terkait metode pengelolaan sistem informasi yang tepat dan meminimalkan terjadinya data yang tidak terkelola dengan baik.
Baca Lebih Lanjut: Posting Modern

4. Teknisi

Seorang teknisi adalah seseorang yang akan bertanggung jawab atas pemeliharaan semua jenis masalah komputer. Seorang teknisi harus mampu memiliki pengetahuan yang luas tentang troubleshooting atau sejenisnya. Teknisi akan mempunyai beberapa peminatan tergantung bidang yang akan dipelajari yaitu:

Network Engineer adalah orang yang akan merancang teknik baru di bidang pekerjaan baru. Dia akan bertanggung jawab untuk mengembangkan metode baru yang akan berguna di bidang jaringan.
Hardware Engineer adalah orang yang akan bertanggung jawab untuk mengembangkan metode atau teknik baru dalam pembuatan perangkat keras, sehingga akan muncul produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.
Software Engineer adalah orang yang akan bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan teknik baru dalam pembuatan perangkat lunak (aplikasi, driver, atau sistem operasi).

READ  10 Potret Artis Indonesia yang Geluti Pole Dance

5. Administrator

Administrator adalah seseorang yang mempunyai tugas dan kemampuan untuk mengelola sistem operasi dan program yang dijalankan di komputer atau jaringan dalam perusahaan. Ada juga database administrator yang bertanggung jawab langsung terhadap sistem database perusahaan yang tugasnya mengatur, mengelola dan menyimpan arsip perusahaan yang tidak boleh hilang.

 

 

LIHAT JUGA :

https://bengkelharga.com/
https://hon.co.id/
https://belinda-carlisle.com/
https://dunebuggyforsale.org/
https://synthesisters.com/
https://ekonomija.org/
https://intergalactictravelbureau.com/
https://mlwcards.com/
https://poekickstarter.com/
https://profilesinterror.com/