Aplikasi Otentikasi 2 Faktor (2FA) Terbaik Di Android

Aplikasi otentikasi 2 faktor (2FA) terbaik di Android dan iPhone

Aplikasi Otentikasi 2 Faktor (2FA) Terbaik Di Android

Salah satu cara untuk melindungi akun Anda dari peretas adalah dengan menggunakan otentikasi 2 faktor (2FA). Berikut adalah beberapa aplikasi 2FA terbaik yang dapat Anda gunakan di ponsel cerdas Anda, baik itu Android atau iPhone.

Saat ini kami mungkin memiliki berbagai jenis akun. Mulai dari email hingga media sosial. Kami juga dapat mengaksesnya dari perangkat yang berbeda. Baik di aplikasi di smartphone dan laptop atau melalui browser. Belum lagi berbagai tempat, seperti B. di kantor, di sekolah, di rumah, dll.

Dengan cara ini, keamanan kita sebenarnya cukup rentan. Itulah mengapa penting untuk mengaktifkan otentikasi 2 faktor untuk akun Anda.
Apa itu 2FA?

Otentikasi Dua Faktor, atau disingkat 2FA, adalah metode keamanan yang menggabungkan verifikasi 2 langkah. Biasanya meliputi: sesuatu yang kita ketahui dan sesuatu yang kita miliki.

Contoh sederhananya adalah ketika kita menerima SMS yang berisi kode yang harus kita masukkan pada kolom di dalam aplikasi. Ini termasuk: kode sebagai sesuatu yang kita ketahui dan ponsel sebagai sesuatu yang kita miliki.

Untuk mempermudah prosesnya, kita bisa menggunakan aplikasi 2FA. Jadi jangan hanya mengandalkan SMS. Kode acak (yang berubah pada waktu tertentu) akan muncul di aplikasi dan kami dapat memasukkannya saat kami masuk ke akun kami.
2fa
proses 2FA

Dengan cara ini orang tidak bisa masuk ke akun kita sembarangan, karena harus ada kode verifikasi dari aplikasi 2FA. Karena kodenya acak dan berubah, Anda juga tidak dapat menyimpannya. Berbeda dengan kata sandi alias kata sandi.

READ  Ikuti Keseruan Bermain Game Pesawat Tempur di Game

Saat ini hampir semua akun – termasuk Apple, Facebook, Google, Instagram, Microsoft, dll. – sudah mendukung 2FA. WhatsApp juga memiliki 2FA, namun sistemnya sedikit berbeda yaitu dengan PIN.
Aplikasi 2FA Terbaik

Berikut adalah beberapa aplikasi 2FA yang harus Anda gunakan. Silakan pilih salah satunya.
Pengautentikasi Microsoft
2fa aplikasi Microsoft Authenticator
Aplikasi Microsoft Authenticator

Aplikasi Microsoft Authenticator cocok untuk Anda yang menggunakan layanan Microsoft seperti Outlook, Office, OneDrive, dll. Saat Anda masuk ke akun Microsoft Anda melalui browser dan memasukkan kata sandi Anda, aplikasi akan menampilkan notifikasi untuk proses verifikasi di akun Anda. telepon pintar.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk layanan lain, seperti mis. media sosial. Aplikasi secara acak menghasilkan PIN khusus yang dapat Anda masukkan sebagai konfirmasi. Pada tulisan ini, Microsoft Authenticator memiliki peringkat 4,8 di App Store dan 4,6 di Play Store.

Unduh (Android)

Unduh (iOS)
auth
aplikasi asli

Authy adalah aplikasi 2FA yang populer. Sama seperti aplikasi otentikasi 2FA lainnya, Authy akan menampilkan PIN acak sebagai konfirmasi. Aplikasi ini juga mendukung pencadangan cloud, akses offline, sinkronisasi multi-perangkat, dll.

Tentu saja, Authy juga mendukung berbagai akun dan layanan, termasuk media sosial. Pada saat penulisan, Authy menerima peringkat 4,7 di App Store dan 4 di Play Store.

Lihat juga
Google hadirkan fungsi Meet di Duo, nanti jadi aplikasi
dalam aplikasi

Unduh (Android)

Unduh (iOS)
Pengautentikasi Google
Aplikasi Google Authenticator

Jika Anda adalah pengguna Android, Anda mungkin dapat menggunakan 2FA untuk akun Google tanpa aplikasi ini. Tapi bukan berarti tidak berguna. Anda dapat menggunakannya untuk Leyanan atau aplikasi lainnya.

READ  5 Cara Belajar Trading Saham Dari Nol Sampai Sukses

Aplikasi Google Authenticator juga menyediakan kode atau nomor PIN untuk verifikasi saat Anda masuk ke akun Anda di perangkat lain. Termasuk ketika Anda membuka akun media sosial di browser. Menariknya, pada saat penulisan, Google Authenticator menerima peringkat 2,5 di App Store dan 4 di Play Store

Sumber :