5 Robot Buatan Indonesia untuk Lawan COVID-19

Pemerintah dan masyarakat telah melakukan upaya besar untuk menahan penyebaran virus corona. Mulai dari aplikasi pelacakan penyebaran COVID19, test kit COVID19, vaksin COVID19 dan yang terbaru, kini sudah ada robot untuk menangkal bahaya COVID19.

5-Robot-Buatan-Indonesia-untuk-Lawan-COVID-19

Kontak fisik selama pandemi COVID-19 diketahui berbahaya karena risiko penularan virus.

Oleh karena itu, penting untuk meminimalkan kontak fisik. Oleh karena itu, robot dirancang untuk meminimalkan kontak fisik antara pasien COVID-19 dan staf medis.

Kerennya, robot-robot ini diciptakan oleh anak-anak bangsa lho. Jadi bagaimana robot-robot ini? Mari kita lihat berikut ini.
Violeta, robot Ultra Violet

Violeta bukan nama perempuan, lho. Violeta merupakan robot Ultra Violet

yang dikembangkan ITS dan UNAIR bekerjasama dengan RS UNAIR. Sesuai dengan namanya, robot violeta merupakan robot yang mensterilkan ruang perawatan pasien COVID19.

Sterilisasi sinar ultraviolet. Ide awalnya muncul dari penelitian dosen ITS tentang penggunaan sinar ultraviolet untuk menghilangkan atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kulit manusia. Oleh karena itu, robot Violeta ini dikembangkan sedemikian rupa agar manusia tidak harus terkena sinar ultraviolet saat mensterilkan ruangan.
Raisa si asisten robot

Raisa yang kita kenal mungkin adalah penyanyi cantik dengan suara merdu. Namun, Raisa untuk penanganan COVID19 adalah robot, yaitu Robot Asisten Medis ITS-UNAIR.

Di sini pun robot Raisa merupakan hasil kerjasama ITS dan UNAIR.

Robot Raisa adalah robot yang memenuhi kebutuhan pasien COVID19. Kami sangat sedih dengan banyaknya petugas kesehatan yang terinfeksi virus COVID-19 saat merawat pasien. Memang, bagaimana pasien tanpa perawatan kesehatan?

Oleh karena itu, robot Raisa diharapkan dapat menggantikan tenaga medis dalam merawat pasien COVID-19. Raisa bisa antar makanan, antar baju, antar obat. Tetap saja, itu tidak berarti perawat tidak akan datang ke hadapan Raisa untuk memeriksa. Perawat akan terus memantau kondisi pasien COVID19, hanya intensitasnya berkurang karena digantikan oleh Raisa.
Robot Raisa generasi baru

Mei 2020, ITS dan UNAIR selaku pengembang Raisa menghadirkan robot generasi baru ke pasar. Generasi baru Raisa telah menambahkan beberapa fungsi penting karena ditugaskan ke Intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU).

Raisa generasi baru, yang bekerja di unit perawatan intensif, dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi untuk mengamati dan memantau status vital pasien, karena pasien biasanya tidak sadarkan diri. Sementara itu, pasien di HCU umumnya masih sadar sehingga pasien bisa berinteraksi dengan robot. Fungsi Raisa di HCU seperti monitor detak jantung, infus dan saturasi oksigen.
Robot Ivana si pembersih lantai

ITTS (Institut Teknologi Telkom Surabaya) telah mengembangkan robot pembersih lantai bernama Ivana. Kini pembersihan ruang isolasi pasien COVID-19 dapat dilakukan dengan robot, sehingga meminimalkan kontak petugas kesehatan dengan pasien COVID-19.

Robot Ivana adalah pengembangan lebih lanjut dari robot layanan Rose. Perbedaan antara Rose dan Ivana adalah Ivana dikendalikan dari jarak jauh dan sistem kendalinya otomatis. Selain membersihkan dan mensterilkan ruangan, Ivana juga bisa mengantarkan makanan.
Robot imut adalah robot multifungsi

FT UNESA (Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya) berhasil memproduksi robot kecil yang layak digunakan pada masa new normal. Robot ini merupakan kerjasama antara dosen, mahasiswa dan alumni FT UNESA.

Robot Kece UNESA digunakan untuk pengantaran makanan, pengantaran peralatan medis, sterilisasi ruangan dan menjadi drone semprot disinfektan. Dengan demikian, robot Kece ini dapat mendukung tenaga medis dalam merawat pasien COVID19.

Robot keren ini dilengkapi dengan komunikasi berbasis video untuk membantu kinerja staf medis dari jarak jauh. Dengan begitu, pasien COVID19 dapat berkomunikasi dengan tenaga medis melalui robot Kece.

Nah, robot-robot ini sangat menarik. Selain itu, robot-robot tersebut tentunya dapat membantu tenaga medis merawat pasien COVID-19. Karena kurangnya kontak

LIHAT JUGA :

https://liga-indonesia.id/nomor-bot-stiker-wa/
https://jurubicara.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://jurubicara.id/vive-le-football-apk/
https://jurubicara.id/mutualan-telegram/
https://jurubicara.id/dls-2021-mod-apk/
https://jurubicara.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://www.chip.co.id/lightroom-mod-apk/
https://www.chip.co.id/codashop-pro-apk/
https://www.chip.co.id/among-us-mod-apk/
https://www.chip.co.id/pubg-mobile-mod-apk/
https://www.chip.co.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/ssstiktok/
https://psyline.id/ff-max-apk/
https://psyline.id/aplikasi-penghasil-saldo-dana/
https://www.i4startup.id/setvsel-apk/
https://t.me/belajarngeblogbareng/45
https://kricom.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://kricom.id/ff-max-apk/
https://jurubicara.id/instander-apk/