Cara Membuat Background Bokeh

Home / Tekno / Cara Membuat Background Bokeh

Cara Membuat Background Bokeh

Tentu, ada foto bagus tentang subjeknya – tapi bagaimana dengan latar belakangnya? Apa yang ada di balik tema (dan apa yang ada di depannya) dapat memberikan efek pemandangan yang detail, atau Anda dapat lebih menekankan pada subjek dengan mengaburkan gangguan pada bentuk dan warna yang indah yang disebut bokeh.

Bokeh dibuat dengan menggunakan bukaan lebar untuk mengubah latar belakang yang sibuk menjadi lapisan warna lembut, mengubah sorotan kecil menjadi lingkaran lembut. Ini menyetel kedalaman bidang menjadi dangkal, menyebabkan latar belakang menjadi kabur. Namun demikian, ada cara untuk menghasilkan bokeh yang “baik” dan bokeh “buruk” – jadi apa bedanya dan bagaimana Anda bisa mendapatkan efek latar belakang buram ini? Hal ini perlu Anda ketahui untuk menciptakan latar belakang bokeh artistik sebagai titik fokus utama.

CARA MEMBUAT LATAR BELAKANG BOKEH

Jika Anda memiliki lensa cepat dan tahu apa yang harus dicari, menangkap bokeh itu mudah dan menyenangkan.

Pertama, lihat latar belakang Anda saat mengambil gambar. Temukan sumber cahaya kecil. Jika Anda membidik secara langsung ke cahaya matahari yang tidak terhalang, tidak ada bokeh yang dihasilkan, tetapi sinar matahari atau pantulan daun pohon dapat menghasilkan bokeh. Tetesan air cenderung menangkap sebagian dari cahaya ini untuk membuat bokeh saat tidak fokus.

Sumber cahaya buatan juga bisa menjadi bahan bokeh yang sempurna. Pemandangan kota yang jauh, lalu lintas dan lampu jalan semuanya bekerja dengan baik. Bokeh bahkan dapat ditambahkan ke pengaturan studio menggunakan lampu senar atau bahkan menyalakan lilin yang pecah. Apa pun yang menghasilkan sorotan kecil dengan lensa yang tepat akan berfungsi untuk membuat bokeh.

Ingatlah bahwa apa pun yang memengaruhi depth of field juga berperan dalam menciptakan bokeh lembut. Artinya, jika Anda mengambil gambar subjek secara close-up dan memindahkan latar belakang, maka latar belakang akan menjadi lebih lembut.

Saran: Ingin mencoba bokeh Anda? Cukup setel kamera ke fokus manual dan sesuaikan agar latar belakang tidak sepenuhnya fokus. (Gambar ini juga membuat wallpaper lucu).

Setelah Anda menemukan sumber cahaya kecil untuk bokeh, setel kamera ke mode aperture priority (atau mode manual penuh jika Anda mau). Untuk mendapatkan hasil maksimal dari bokeh dari bidikan, gunakan bukaan sebanyak mungkin.

Kemudian letakkan titik fokus pada subjek, fokuskan dan potretlah.

SOLUSI LATAR BELAKANG BOKEH

Jika Anda melihatnya dan latar belakang bokeh hilang, lalu apa? Pertama, jika Anda belum menggunakan pengaturan apertur lebar, lakukan selebar mungkin (atau gunakan lensa lain dengan apertur lebih lebar). Di bawah sinar matahari yang kuat, filter kepadatan netral mungkin diperlukan untuk menangkap tangkapan yang luas dan masih mencapai eksposur yang memadai. Filter kepadatan netral memblokir sebagian cahaya terang ini sehingga Anda dapat menggunakan bukaan lebar dan tetap mendapatkan tampilan yang akurat. Atau jika Anda tidak memiliki filter, Anda dapat mencoba menunggu hingga penghujung hari ketika lampu tidak terlalu keras.

Jika pembukaannya tidak menjadi masalah, Anda dapat mendekati subjek atau menghapus subjek dari latar belakang. Terkadang menemukan sorotan yang lebih cerah juga membantu. Misalnya, lebih mudah mendapatkan bokeh dengan cahaya Natal daripada memantulkan cahaya daun pohon.

Saat memotret dengan lensa terbuka, pastikan subjeknya tajam. Dengan bukaan lebar, gerakan sekecil apa pun dapat membuat seluruh subjek tidak fokus. Jika Anda menemukan bokeh yang bagus, tetapi subjeknya tidak terlalu besar, pastikan titik fokus tepat di tempat yang Anda inginkan – menggunakan mode area fokus otomatis satu titik juga membantu. Jika Anda merekam makro, Anda mungkin perlu sedikit mengecilkan bukaan, karena kedalaman bidang meningkat secara dramatis saat Anda semakin dekat ke subjek. Kedekatan sudah menghasilkan banyak ambiguitas, jadi Anda tidak perlu terlalu lebar untuk mendapatkan efek bokeh ini.

Bokeh sering kali menjadi faktor penentu antara lensa yang bagus dan lensa yang bagus. Lensa terbaik membuat latar belakang lembut dan indah – sementara lensa f / 1.4 terbaik memerlukan banyak penyesuaian, lensa 50mm f / 1.8 yang terjangkau juga sering menghasilkan bokeh yang bagus.

Namun, bokeh bukan hanya lensa terbaik. Jika Anda memilih latar belakang dengan sumber cahaya kecil, dekat dengan subjek, dan menampilkan foto secara lebar, Anda mungkin masih bisa mendapatkan bokeh yang tepat dari lensa dalam set. Belajar menulis bokeh akan menarik perhatian ke subjek – memperhatikan latar belakang.

Baca juga: