Bokeh Vs DOF : Perbadaan

Home / Tekno / Bokeh Vs DOF : Perbadaan

Bokeh Vs DOF : Perbadaan

Baik bokeh maupun depth of field adalah teknik yang membantu fotografer mengambil gambar yang indah. Saat mengambil gambar dengan angka f lebih rendah, perbedaan antara kedalaman bidang dan bokeh hilang, dan penggemar serta penggemar sering menggunakan istilah bokeh dan DOF secara bergantian. Untuk menciptakan estetika tema dan latar belakang, Anda perlu menyadari arti DOF dan bokeh. Untuk menerapkan kedua teknik secara efektif, mari kita lihat sekilas depth of field, bokeh, dan perbedaan di antara keduanya.

Apa itu DOP?

Kedalaman bidang mengacu pada area fokus yang tajam pada foto. Saat mengambil gambar, terkadang diinginkan agar seluruh gambar tetap tajam, dan di lain waktu Anda mungkin tertarik untuk berkonsentrasi hanya pada sebagian kecil pemandangan. Anda dapat dengan mudah mencapai efek yang diinginkan dengan mengatur kamera ke mode prioritas apertur dengan kedalaman bidang tinggi atau dof dangkal.

Cabang-cabangnya bermekaran
Cabang-cabangnya bermekaran

Kedalaman bidang tinggi adalah skenario di mana segala sesuatu di bidang fokus berada dalam fokus yang tajam. Sebaliknya, kedalaman bidang dangkal adalah teknik pemfokusan hanya sebagian kecil dari panjang fokus, yang menyebabkan subjek fokus secara efektif di tengah latar belakang dan fokus pada elemen latar depan. Depth of field yang dangkal mendorong pemisahan subjek yang dalam dengan mengaburkan latar belakang secara indah.

Apa itu Bokeh

Bokeh adalah kualitas estetika buram di luar area fokus gambar. Istilah Bokeh digunakan untuk menggambarkan kualitas kabur yang dicapai pada kedalaman nada yang dangkal. Ini mengacu pada kualitas gambar yang kabur, yang dilengkapi dengan pelat cahaya bundar yang diwakili oleh titik cahaya non-fokus.

Sebuah Banco Del Parque Baciendo Bokeh!
Sebuah Banco Del Parque Haciendo Bokeh!

Karenanya, bokeh mengacu pada pelat bundar yang dibentuk sebagai hasil dari keburaman latar belakang. Efek bokeh yang jelas tercipta saat kamera diatur ke kedalaman bidang yang dangkal. Kecerahan sebenarnya di latar belakang subjek menghasilkan gambar yang indah di area yang tidak fokus, menghasilkan cakram bulat lembut di latar belakang.

Perbedaan antara Bokeh dan kedalaman bidang

Definisi di atas menjelaskan bahwa depth of field dan bokeh tidak sama. Meskipun kedalaman bidang adalah teknik untuk menampilkan area fokus yang tajam, namun bokeh adalah karya seni yang menampilkan area yang tidak fokus pada gambar secara berseni.

Bokeh lebih dari sekedar aspek kualitas foto. Terakhir, Anda dapat mengidentifikasi bokeh sebagai baik atau buruk, tetapi tidak ada cara untuk menilai kedalaman bidang berdasarkan indikator kualitas. DOF ditentukan oleh jarak antara kamera dan subjek, panjang fokus lensa, jumlah lensa f, dan kriteria ukuran format atau lingkaran kebingungan. Sebaliknya, bokeh dipengaruhi oleh fenomena di luar panjang fokus, seperti kecerahan latar depan / latar belakang, deviasi lensa, kecepatan lensa, warna subjek, bentuk, dan pola, dan sebagainya.

Jadi, kami dapat mengatakan bahwa bokeh bergantung pada kedalaman bidang, tetapi kedalaman bidang tidak bergantung pada bokeh sama sekali. Bokeh dan kedalaman bidang adalah dua teknik berbeda yang digunakan untuk tujuan khusus. Satu-satunya tujuan kedalaman bidang adalah untuk menunjukkan area fokus yang tajam dalam foto, sedangkan bokeh adalah kualitas artistik dari area yang tidak terfokus. Kedua teknik (kedalaman pitch dangkal dan efek bokeh indah) bekerja sama untuk menghasilkan hasil yang sangat indah dan kreatif.

Baca juga: