Apa Itu HER2 FISH Testing?

Home / Kesehatan / Apa Itu HER2 FISH Testing?

Apa Itu HER2 FISH Testing?

Apa itu HER2?

Gen reseptor faktor pertumbuhan epidermal manusia (HER2) bertanggung jawab untuk memproduksi protein HER2. Protein HER2 ada di permukaan sel kanker payudara. Saat diaktifkan, sinyal tersebut menjadi sel kanker payudara sehingga bisa terpisah dan berkembang.

Biasanya, protein HER2 mengatur dan mengatur pertumbuhan sel payudara. Tetapi ketika gen HER2 bermutasi, yang terjadi pada sekitar 1 dari setiap 5 kasus kanker payudara, ia menghasilkan terlalu banyak protein HER2. Hal ini menyebabkan sel payudara tumbuh dan menjadi tidak terkendali.

Ini dikenal sebagai kanker payudara positif HER2.

Mengapa saya perlu melakukan tes HER2?

Kanker payudara positif HER2 seringkali lebih agresif daripada kanker payudara negatif HER2. Dia juga cenderung berubah. Untungnya, obat yang tersedia dirancang khusus untuk target HER2. Obat ini sangat efektif dalam mengobati kanker payudara.

Jika Anda menderita kanker payudara, Anda harus tahu bahwa kanker tersebut HER2-positif atau HER2-negatif. Penting untuk mendapatkan tes yang menentukan ini. Hasil ini membuat perbedaan besar dalam pilihan dan tampilan Anda.

Tes IKAN dan IHC
Untuk menentukan apakah kanker payudara Anda positif HER2, dokter Anda akan memesan tes pada sampel jaringan.

Dua jenis tes disetujui untuk mendiagnosis HER2: hibridisasi in situ (ISH atau FISH) dan imunohistokimia (IHC).

Uji hibridisasi in situ (ISH atau FISH)

Tes hibridisasi in situ (ISH) terlihat pada genetika sampel, dan hasil tes ini juga diklasifikasikan sebagai positif, negatif, atau ambigu. Hasil yang tidak jelas membutuhkan pengujian lebih lanjut. Fluorescence in situ hybridization (FISH) merupakan salah satu jenis uji ISH.

Terkadang tes IHC dilakukan terlebih dahulu. Tetapi jika tes IHC tidak dapat disimpulkan, tes ISH harus dilakukan. Dalam kasus yang paling umum, tes ISH dapat mengkonfirmasi kanker HER2-positif atau HER2-negatif.

Jika pengujian ISH awal tidak selesai, IHC dapat dilakukan atau pengujian ISH berulang pada sampel jaringan baru. Dokter Anda mungkin ingin membuat biopsi tambahan untuk mencoba sampel lain. Kadang-kadang, tes IHC dan ISH dapat dikonfirmasi untuk mengkonfirmasi status HER2.

Pemeriksaan imunohistokimia (IHC)

Tes imunohistokimia (IHC) dilakukan untuk melihat apakah sel kanker payudara memiliki terlalu banyak reseptor protein HER2. Bagaimana dokter Anda akan menerjemahkan tes ini:

  • 0 hasil negatif
  • Hasil 1+ juga negatif.
  • Hasil dari 2+ dianggap tidak jelas (tidak pasti).
  • Hasil positif 3+.

Selama tes IHC, ahli patologi menganalisis jaringan payudara di bawah mikroskop. Mereka menggunakan noda khusus untuk melihat reseptor di sel kanker payudara. Tidak ada lagi tes yang diperlukan untuk hasil 0 atau 1+. Hasil 2+ dianggap tidak pasti. Pengujian lebih lanjut diperlukan.

Apa yang diharapkan selama tes HER2

Untuk mendiagnosis status HER2 dengan benar, dokter akan mengangkat jaringan payudara selama biopsi. Pada kasus umum, dokter akan menggunakan anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit. Jaringan tersebut akan dikirim ke laboratorium patologi untuk diperiksa.

Dalam beberapa kasus, sampel harus dikirim ke laboratorium eksternal untuk diuji. Pastikan laboratorium yang melakukan studi patologi memiliki reputasi dan kredensial. Laboratorium harus menggunakan penguji HER2 yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA).

Apakah tes HER2 aman?

Tes IHC dan ISH aman. Dalam kasus yang paling umum, tes ini akan dilakukan pada jaringan dari biopsi asli dan tidak memerlukan prosedur tambahan. Banyak biopsi dapat dilakukan di kantor dokter atau ruang radiologi menggunakan anestesi lokal.

Meskipun biopsi mungkin tidak nyaman, ini adalah prosedur yang sangat aman dengan risiko minimal. Anda dapat membuat jaringan parut di sekitar lokasi biopsi. Anda mungkin juga mengalami nyeri ringan setelah biopsi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang kemungkinan risiko biopsi.

Apakah tes HER2 akurat?

Apakah hasil Anda positif atau negatif, tanyakan kepada dokter Anda tentang hasil yang akurat di laboratorium yang digunakan dan hasilnya. Tanyakan berapa banyak ahli patologi yang telah mempelajari sampel Anda.

Jika hanya satu ahli patologi yang melihat tes Anda, tanyakan apakah ahli patologi lain dapat memeriksa sampel Anda untuk mengkonfirmasi atau mungkin bertentangan dengan temuan awal.

Jangan takut untuk meminta informasi lebih lanjut tentang tes HER2 untuk memastikan Anda puas dengan hasilnya dan apa artinya bagi perawatan dan penampilan Anda. Yang terpenting, pastikan pengujian Anda dilakukan di fasilitas akreditasi menggunakan alat pengujian yang disetujui FDA.