Variabel terikat (Dependent Variable)

Home / Kesehatan / Variabel terikat (Dependent Variable)

Variabel terikat (Dependent Variable)

Variabel terikat (Dependent Variable)

       Variabel terikat adalah variabel yang memberikan reaksi/respon jika dihubungkan dengan variabel bebas. Variabel terikat adalah variabel yang variabelnya diamati dan diukur untuk menentukan pengaruh yang disebabkan oleh variabel bebas. Jika variabel independen ada, variabel dependen juga ada, dan jika ada peningkatan dalam variabel independen mungkin akan terjadi suatu peningkatan atau penurunan dalam variabel dependen. Jika terjadi perubahan nilai dalam variabel independen, perubahan nilai tersebut direspon secara positif atau negatif oleh variabel dependen. Variabel dependen adalah akibat yang dipradugakan, yang bervariasi mengikuti perubahan atau variasi variabel bebas.

Hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.

       Pada umumnya orang melakukan penelitian dengan menggunakan lebih dari satu variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Kedua variabel tersebut kemudian dicari hubungannya. Kita mengatakan bahwa ada hubungan antara dua atau lebih variabel bila perubahan dalam nilai dari satu variabel (variabel independen) secara sistematis membawa perubahan dalam nilai variabel lain (variabel dependen).

Contoh:

1)    Hipotesis penelitian: Ada hubungan antara gaya kepemimpinan dengan kinerja karyawan.

Variabel bebas           : Gaya kepemimpinan

Variabel terikat           : Kinerja karyawan

Gaya kepemimpinan mempunyai hubungan dengan kinerja karyawan, misal gaya kepemimpinan yang sentralistik akan berdampak terhadap kinerja karyawan, berbeda dengan gaya kepemimpinan yang bersifat delegatif.

2)    Hipotesis penelitian: Ada hubungan antara promosi dengan volume penjualan.

Variabel bebas           : Promosi

Variabel terikat           : Volume penjualan

Promosi mempunyai hubungan dengan peningkatan volume penjualan di perusahaan tertentu.

Menyusun definisi operasional variabel

       Variabel harus didefinisikan secara operasional agar lebih mudah dicari hubungannya antara satu variabel dengan variabel lainnya dan pengukurannya. Tanpa operasionalisasi variabel, peneliti akan mengalami kesulitan dalam menentukan pengukuran hubungan antar variabel yang masih bersifat konseptual.

Sumber :

https://zalala.co.id/pusat-riset-apple-diharapkan-dorong-konten-lokal/