Akuisisi(Acquisition)

Home / Budidaya / Akuisisi(Acquisition)

Akuisisi(Acquisition)

Akuisisi(Acquisition)

Strategi ini melibatkan perusahaan untuk mengambil alih atau membeli perusahaan lain yang menghasilkan suatu produk yang sama sekali baru bagi perusahaan atau bahkan bagi pasar. Contoh dari strategi ini adalah perusahaan penyedia komunikasi PT. JKL baru – baru ini diketahui telah mengakuisisi perusahaan penyedia komunikasi PT. MNO. Keputusan ini diambil oleh PT. JKL karena seperti yang masyarakat ketahui bahwa PT. MNO baru saja mengadakan fitur aplikasi perpesanannya yang dapat mengirimkan pesan singkat tanpa dikenai biaya ataupun menggunakan koneksi internet. Aplikasi tersebut sangat diminati oleh pasar sehingga dengan segala kemampuan yang dimiliki, PT. JKL  memutuskan unruk mengakuisisi PT. MNO.

Strategi reaktif (reaktive strategy)

Strategi pengembangan produk yang dilakukan sebagai respon dari kondisi pasar atau pesaingnya. Beberapa bentuk dari strategi reaktif, yaitu sebagai berikut :

  1. Strategi defensif (defensive strategy)
    Strategi ini dilakukan dengan menciptakan suatu aksi untuk melindungi perusahaan terhadap produk baru yang dikeluarkan pesaing yang meraih sukses di pasar. Contoh dari strategi ini adalah perusahaan PQR baru saja meluncurkan ponsel Galaxy X yang meraih kesuksesan di  pasar. Perusahaan STU yang merupakan kompetitor dari perusahaan PQR  dalam ponsel cerdas (smartphone) kemudian berinisiatif untuk mengadakan promo  diskon untuk setiap pembelian ponsel dari perusahaannya. Hal ini dilakukan demi menjaga pasar yang selama ini perusahaan STU miliki.
  2. Strategi imitatif (Imitative strategy)

 

Sumber :

https://busbagus.co.id/xiaomi-mi-mix-2-segera-mendarat-di-india/