Reproduksi

Home / Kesehatan / Reproduksi

Reproduksi

ReproduksiReproduksi

Anjing laut memiliki kehidupan yang cukup menarik. Di saat musim kawin tiba, para anjing laut akan berkumpul dalam jumlah yang besar di sebuah daratan atau pulau kecil. Sang betina akan berusaha untuk menarik perhatian para pejantan, dan sebuah acara kompetisi pun diadakan di pulau itu.

Para pejantan saling smackdown satu dengan yang lain untuk menunjukkan kebolehan, kegesitan, dan kekuatannya. Untuk pejantan yang memenangkan pertarungan, maka sang betina memperbolehkan sang jantan kawin dengannya.

Habitat

Anjing laut bernama latin Zalophus californianus. Hewan ini tergolong hewn berdarah panas. Mangsa mereka beragam fauna laut mulai dari ikan sampai anak burung penguin. Orang mancanegara menyebutnya pinniped, masuk dalam famili Otaridae. Sepintas mereka mirip dengan kerabatnya, singa laut. Hanya anjing laut bertubuh lebih kecil dan berbulu. Perbedaan mencolok lain, anjing laut tidak memiliki taring.

Habitat anjing laut adalah area pantai berhawa dingin seperti lautan Arktik Utara, dekat Kutub Utara. Tubuh mereka licin karena memang selalu berendam di air laut. Kakinya menyerupai sirip ikan yang berselaput, sangat membantu ketika mereka berenang dan menyelam di kedalaman laut. Bentuk tubuhnya memanjang rata hingga ke ekor, mirip dengan ikan pesut.

Anjing laut ini yang sering kalian saksikan di televisi dan sirkus, banyak menghabiskan hidupnya di air. Mereka perenang dan penyelam yang ulung. Mereka merasa betah dan nyaman di air dan sungai-sungai es sebagaimana kita nyaman di daratan. Bahkan di musim semi suhu tempat tinggal mereka tetap sekitar – 5 derajat celsius. Sementara itu kita harus berpakaian berlapis-lapis dan melakukan berbagai hal untuk mengurangi rasa dingin, mereka tidak merasa kedinginan sama sekali. Ini karena bulu mereka dan lemak yang tersimpan di dalam tubuhnya mencegah mereka dari kedinginan.

Anjing laut hidup dalam kelompok besar. Bagaimana menurut kalian ibu anjing laut mengenali anaknya dalam kelompok tersebut? Mudah sekali. Setelah melahirkan, anjing laut memberi anaknya ciuman selamat datang sehingga ia mengenali bau anaknya dan mampu membedakannya dengan bayi anjing laut lainnya.

Ketika lahir, sejenis minyak yang disebut “minyak bayi” menutupi tubuh bayi anjing laut. Berkat minyak ini, tubuh mungil ini senantiasa hangat. Lapisan minyak ini sangat tebal sehingga selama berlatih berenang dengan induknya, ia terapung di permukaan air seolah memakai pelampung. Ini karena minyak tersebut lebih ringan daripada air. Anak anjing laut perlu sekitar 2 minggu untuk belajar renang. Setelah selesai, anak anjing laut sudah bisa mandiri.

RECENT POSTS