Dampak Tanah Longsor terhadap lingkungan dan masyarakat

Home / Pendidikan / Dampak Tanah Longsor terhadap lingkungan dan masyarakat

Dampak Tanah Longsor terhadap lingkungan dan masyarakat

Dampak Tanah Longsor terhadap lingkungan dan masyarakat

Dampak Tanah Longsor terhadap lingkungan dan masyarakat

Akibat dari kejadian tersebut

terjadi pengembangan rongga-rongga dalam tanah yang luar biasa, sehingga mengakibatkan banjir dimana-mana. Bermula dari tanah merekah di musim kering itu, air hujan akan masuk dan terakumulasi di bagian dasar lereng, sehingga menimbulkan gerakan lateral. Selain itu sudut lereng yang terjal atau mencapai kemiringan sekitar 150 hingga 180 derajat dapat menyebabkan kerusakan tanah karena adanya longsor. Tentu akibat paling pahit akan dialami oleh orang yang tinggal di sekitarnya.

Dilihat secara umum kejadian tanah longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pemicu dan faktor pendorong. Faktor yang mempengaruhi kondisi material itu sendiri disebut faktor pendorong. Sedangkan faktor yang menyebabkan bergeraknya material disebut faktor pemicu. Meskipun penyebab utama kejadian longsor adalah gravitasi yang mempengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada beberapa faktor lainnya yang juga berpengaruh, diantaranya sebagai berikut :

  • Getaran dari sebuah mesin, penggunaan bahan – bahan peledak dan petir.
  • Bencana seperti halnya jenis-jenis gempa bumi kecil atau besar juga menyebabkan longsor, karena getarannya terjadi tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng.
  • Hujan lebat, mengakibatkan saturasi memperlemah lereng dari bebatuan dan tanah.

Sumber: https://bloggermuslimah.id/model-penapisan-ini-dinilai-cocok-untuk-indonesia/