Lingkungan Politik

Home / Kesehatan /  Lingkungan Politik

 Lingkungan Politik

 Lingkungan Politik Lingkungan Politik

Lingkungan politik sangat berpengaruh dalam setiap perusahaan global.Baik yang dipengaruhi oleh lingkungan politik negara asal atau negara tujuan pemasarannya.Lingkungan politik yang ideal bagi perusahaan adalah pemerintah yang stabil dan barsahabat.Tapi dalam dunia nyata itu semua memiliki hambatan karena adanya sejumlah peristiwa yang diantaranya adalah:

  1. Terjadi perubahan radikal dalam pemerintah,dimana partai politik yang berkuasa memilkiki filosofi yan berbeda dengan pendahulunya.
  2. Pemerintah merespon tekanan-tekanan dari kaum nasional dan self-interest groups.
  3. Melemahnya kondisi ekonomi mendorong emerintah untuk menarik kembali komitmen dagangnya.
  4. Meningkatnya bisa terhadap investasi asing.

Maka dari itu setiap perusahaan global perlu menilai dan mengantisipasi setiap resiko politik yang bisa mempengaruhi kelangsungan bisnisnya.

  1. Resiko Politik

Resiko politik dapat diklasifikasikan menjadi empat macam,yaitu:

  1. Resiko ketidakstabilan umum (general instability risk)

Resiko yang berkaitan dengan ketidakpastian terhadap kelangsungan hidup (masa depan) dari sistem politik negara tujuan.Bentuknya bisa meliputi revolusi dan agresi internal.

  1. Resiko ekspropriasi (expropriation risk)

Resik yang berkaitan dengan kemungkinan bahwa pemerintah Negara tujuan yang akan mengambil tindakan-tindakan tertentu (pembatalan kontrak, eksplorasi, konfoskasi, nasionalisasi, maupun domestikasi) untuk membatasi kepemilikan asing dan mengendalikan cabang perusahaan asing negara tujuan.

  1. Resiko operasi (operation risk)

Resiko yang muncul karena adanya ketadakpastian bahwa pemerintah Negara tujuan aka n memaksa atau menghambat operasi bisnis peruasahaan asing dalam segala aspek (produksi, keuangan, dan pemasaran).Bentuk resiko operasi meliputi:

  1. Pembatasan impor (import restrication)

Pembatasan selektif terhadap impor bahan mentah,mesin,dan komponen tertentu dengan tujuan melindungi dan mengembangkan industry lokal.

  1. Aturan kandungan lokal (local content regilation)Sumber :https://rajasatour.id/apple-rilis-ios-11-1-hadirkan-beta-tes-ios-11-2/