BIOTEKNOLOGI

Home / Fashion / BIOTEKNOLOGI

BIOTEKNOLOGI

Table of Contents

BIOTEKNOLOGI

Inti dari bioteknologi adalh bagaiman manusia memanfaatkan organism biologis, baik sistem dan prosesnya, untuk menghasilkan jasa ataupun barang bagi kepentingan kehidupan manusia.
Bioteknologi sebenarnya sudah berkembang sejak 6000 SM, dimana orang Samaria dan Babilon sudah minum bir, hal itu berarti mereka sudah melakukan proses produksi bir dengan cara fermentasi.

1. Rekayasa Genetika

Menurut pandangan Haldane Yaitu: apabila tidak dapay menemukan mikroorganisme yang dapat membuat apa yang anda inginkan maka ciptakanlah makhluk tersebut dengan cara perekayasaan genetika.
Prinsip dasar rekayasa genetika adalah penyisipan informasi genetika kedalam organisme, replikasi gen, pembelahan (duplikasi) sel dan DNA, mutagenesis, DNA rekombinan dan pengklonan gen.

2. Bioetika

Merupakan regulasi yang mengatur penelitian bioteknologi. Bioetika muncul karena bioteknologi bekerja dengan organisme alamiah maupun hasil mutasi atau rekombinasi.


D. NANOTEKNOLOGI

Nanoteknologi adalah teknologi rekayasa terhadap objek yang diteliti berada pada kisaran nanometer (nm) atau sepermiliar meter (10 ̄⁹ nm). Dalam waktu 10 – 15 tahun ke depan, teknologi nano juga akan berperan dalam :
a. Pembuatan katalis yang jauh efektif untuk proses pengolahan minyak;
b. Peningkatan hasil pertanian dengan merekayasa pengelohan energy dalam tanaman;
c. Penemuan sistem penyaringan air dan desalinasi air laut yang saat ini sedang diuji coba dengan menggunakan elektroda karbon nanotube;
d. Peningkatan sumber energy yang dapat diperbaharui;
e. Mewujudkan kehidupan yang lebih ramah lingkungan.

BAB III


DAMPAK TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN

A. DAMPAK TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Dampak teknologi terhadap kelangsungan hidup manusia meliputi hampir semua aspek kehidupan contohnya sandang, papan, dan pangan. Dalam memenuhi kebutuhan rakyat akan sandangdan papan, teknologi telah dapat meningkatan baik kualitas maupun kualitas sandang dan papan yang dibutuhkan. Dampak positifteknologi di bidang pangan yaitu penggunaan teknologi nuklir untuk memperoleh bibit unggul dengan produksi tinggi dalam waktu yang relative singkat.

RECENT POSTS