Teknologi Kelas

Home / Kesehatan / Teknologi Kelas

Teknologi Kelas

Table of Contents

Teknologi Kelas

Teknologi kelas berupa pengaturan tempat duduk murid seperi setengah baris atau setengah lingkaran dan penggunaan komputer dapat mempengaruhi dinamika kelas. Secara umum,  anak-anak Indonesia menulis dari kiri ke kanan dan menggunakan tangan kanan. Pencahayaan selalu diposisikan kearah kiri. Kemudian, bila ruang kelas berbentuk segi empat, tempat duduk para siswa di Indonesia berderet dari depan kebelakang dan kesamping. Sementara itu, posisi papan tulis diletakkan ditengah-tengah dan meja guru dipinggirnya, baik sebelah kanan atau sebelah kiri.[8]

Tempat duduk dengan posisi yang demikian berpengaruh terhadap intensitas komunikasi antara siswa dan guru. Tata letak duduk para siswa juga dapat mempengaruhi dinamika kelas. Tata letak duduk siswa yang berbentuk setengah lingkaran maupun lingkaran akan menciptakan ruang kelas lebih dinamis. Karena, tata letak setengah lingkaran atau lingkaran memberikan posisi yang menyebabkan para siswa saling memandang dan mengetahui ekspresi satu sama lain.

      Penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dan pendidikan dapat memperlancar dinamika siswa dalam ruang kelas. Penggunaan komputer oleh peserta didik, perlu diarahkan oleh guru, sehingga proses dan tujuan pembelajaran dan pendidikan dapat dicapai seperti yang diinginkan.

 

Sumber :

https://icanhasmotivation.com/jasa-penulisan-artikel/