Fase Bayi

Home / Umum / Fase Bayi

Fase Bayi

Fase Bayi

Masa bayi  dimulai sejak berakhirnya mas orok sampai denga akhir tahun kedua dari kehidupan. Masa bayi ini memiliki cirri-ciri perkembangan fisik, inteligensi, emosi, bahasa, bermain, pengertian, kepribadian, moral, dan kesadaran beragama.

  1. Perkembangan Emosi
  2. Usia 0-0,8 minggu

Emosi anak sangat beryalian denagn perasaaan indrawi (fisik), dengan kualitas perasaan.

  1. Usia 8 minggu sampai 1 tahun

Pada usia ini perasaan psikis anak sudah mulai berkembanga. Anak akan merasa senang jika melihat minan yang digantung di depan matanya, atau tidak senang jika dipangku orang asing.

  1. Usia 1-3 tahun

Pada usia ini timbul gejala-gejala perkembangan emosi.

  1. Emosinya sudah mulai terarahpada sesuatau
  2. Dapat menayatakan  perasaaannya dengan berbicara
  3. Terdapat sifat labil (mudah kembali berubah), mudah “tersulut
  4. Perkembangan Bahasa

Ada 3 bentuk prabahasa yang normal muncul pada bayi dalam pola perkembangan prabahasa, yaitu menangis, mengoceh, dan isyarat.

  1. Perkembangan Sosial

Pada masa ini terutama terrdiri dari gejala-gejala gerakan , motorik yang tidak menentu dan perangasangan organ-organ keindraan.

  1. Fase Prasekolah (Usia Taman Kanak-Kanak)
  2. Perkembangan Emosional

Pada usia 4 tahun anak suadah biasa membedakan bahwa aku berbeda dengan bukan aku (orang lain). Kesadaran ini diperoleh dari pengalamannya, bahwa tidak setiap keinginannya dipenuhi orang lain. Bersamaan dengan itu,berkembang pula perasaan harga diri yang menuntut pengakuan dari lingkungannya. jika lingkungannya tidak mengaku perkembangan anak, maka itu akan berdampak negatif.

Beberapa jenis emosi yang berkembang pada masa anak, yaitu sebagai berikut, takut , cemas, marah, cemburu, kesenanagan, kasih sayang, phobi, ingin tahu.

  1. Perkembangan Bahasa

Pada usia ini, perkembangan bahasa dapat diklasifikasikan menjadi 2tahap yaitu, (a) masa ketiga ( 2-2,6 tahun), yang bercirikan, anak sudah mulai bisa menyusun kalimattunggal yang sempurna dan lainnya (b) masa keempat ( 2,6-6,0 tahun), yang bercirikan, anak sudak dapt menggunakan kalimat majemuk beserta anak kalimatnya dan lainnya.

  1. Perkambangan Sosial

Pada masa prasekolah perkembangan sosial anak sudah tampak jelas. Mereka sudah mulai aktif bersosialisasi dengan teman sebayanya. Adapun tanda-tanda yana tampak pada tahap ini adalah :

  1. Anak mulai mengetahui aturan-aturan,baik dilingkungan keluarga ataupun dilingkungan bermain.
  2. Sedikit demi sekdikit anak sudah mulai patuh pada peraturan
  3. Anak mulai menyadari hak atau kepentigan orang lain
  4. Anak mulai dapat bermain bersama anak-anak lain, atau teman sebaya(peer group)

Baca juga: