Hymen

Home / Otomotif / Hymen

Hymen

Table of Contents

Hymen

Hymen

Lipatan selaput membran tipis yang melingkari orifisium vagina. Terdapat berbagai jenis lubang hymen: annular – cribiformis – septum – imperforatus. Sisa-sisa himen pada multipara disebut sebagai caruncula Myritiformis. Hymen mempunyai bentuk yang berbeda-beda, dari yang semi lunar (bulan sabit), sampai yang berlubang-lubang atau yang ada pemisahnya (septum), konsistensinya pun berbeda-beda dari yang kaku sampai yang lunak sekali. Hiatus hymenalis (lubang selaput dara) berukuran dari yang seujung jari sampai yang mudah dilalui oleh dua jari. Pengetahuan tentang bentuk hymen menjadi penting bila dihadapkan pada kasus-kasus perkosaan. Hymen fimbriata sering dikacaukan dengan hymen yang sudah robek. Biasanya hymen robek setelah coitus, meskipun bisa juga karena keadaan tertentu.

Umumnya bila hymen robek saat coitus maka robekan terjadi pada tempat jam 5 dan jam 7 dan sampai dasar selaput dara itu. Bila telah melahirkan hymen hanya tinggal sisa-sisa saja sebagai karunkula mirtiformis (kurunkula hymenalis). Hymen yang tidak berlubang atau tertutup sama sekali disebut hymen imperforate atau hymen ocdisivum.

  1. Urethra

Letak : urethra meninggalkan ostium urethra internum pada apex urerthrovesical. Urethra memanjang dari ostium pada apex trigonum ke ostium urethra eksternum yang bermuara ke dalam vestibulum vaginae. Bagian inferior urethra terkubur dalam dinding anterior vagina, sedangkan separo bagian atasnya terpisah dari vagina oleh jaringan pengikat.

Bentuk urethra wanita berbentuk seperti huruf S dan berupa pipa dengan lubang keluar berupa beberapa crypta buntu. Crypta tersebut merupakan sisa-sisa kelenjar prostat (glandula prostatae) embrional. Muara yang paling rendah letaknya, yaitu ductus skene tidak buntu, tetapi membelok ke bawah dan bermuara pada kedua sisi ostium urethra pada vestibulum.  Ukuran : urethra wanita jauh lebih pendek dibandingkan dengan urethra pria. Panjangnya 4 cm, tetapi dapat sangat memanjang. Diameter lubangnya ada 6 mm, tetapi lubang ini dapat dilebarkan dengan mudah menggunakan kateter urinarius.

  1. Kelenjar bartholini dan skene

Merupakan kelenjar terpenting di daerah vulva dan vagina. Mengeluarkan secret mucus terutama pada waktu coitus.

  1. Perineum

Perineum merupakan daerah muskular yang ditutupi kulit, yang membentang antara komisura posterior dan anus. Panjangnya rata-rata 4 cm. Perineum dibentuk oleh diafragma pelvis dan diafragma urogenitalis. Diafragma pelvis terdiri atas muskulus levator ani dan muskulus koksigeus dan fasia yang menutupinya. Diafragma urogenitalis terletak disebelah luar diafragma pelvis, antara tuberkulum iskhiadikum dan simfisis pubis. Perineum terdiri atas muskulus transversus perinei profunda, muskulus sfingter uretrae dan fasia yang menutupinya.

  1. Alat Genetalia Interna
  2. Vagina.

Vagina adalah suatu saluran berbentuk pipaa atau tabung yang merupakan suatu lorong yang melengkung ke depan dan terdiri atas muskulo membranosa yang menghubungkan antara vulva sampai uterus. Panjang vagina pada dinding depan sekitar 6 -7 cm, dan lebih pendek dari dinding belakang, sedang pada dinding posterior/belakang panjangnya kira-kira 7-10 cm.

 

Sumber :

https://littlehorribles.com/