Alat Genetalia Wanita

Home / Otomotif / Alat Genetalia Wanita

Alat Genetalia Wanita

Alat Genetalia Wanita

Alat Genetalia Wanita

  1. Alat Genetalia Eksterna

Disebut vulva yaitu berntuk lonjong dengan ukuran panjang dari muka ke belakang . meliputi :

  1. Mon veneris pubis

Suatu bantalan jaringan lemak yang ditutupi oleh kulit, yang terletak di atas symphysis pubis. Setelah pubertas akan ditum­buhi rambut (pubes). Mons pubis banyak mengandung kelenjar sebacea (minyak). Karena adanya bantalan lemak bagian ini sangat berperan dalam hubungan seksual dan dapat melindungi simfisis pubis saat coitus dari trauma. Dengan meningkatnya usia, lemak bawah kulit berkurang termasuk dibagian mons pubis., selain itu rambut pubis pun akan menjadi tipis.

  1. Labia majora dan labia minora
  2. Labia majora

Dua lipatan membulat besar jaringan lemak yang tertutup oleh kulit yang bertemu di depan pada mons pubis. Pada saat kedua labia majora berjalan ke belakang ke arah anus, kedua labia men­jadi lebih datar dan menuju ke depan corpus perinealis. Bagian akhir ligamentum terus berinsersi pada jaringan lemak ini. Permu­kaan sebelah dalam labia majora halus dan mengandung banyak kelenjar keringat (glandula sudorifera) dan kelenjar minyak (glandula sebacea), sedangkan permukaan luarnya setelah pubertas akan tertutup oleh rambut.

  1. Labia minora

Dua lipatan kulit yang berwarna merah muda yang lebih kecil terletak memanjang di bagian dalam labia majora. Kedua labia minora ini halus, tidak tertutup oleh rambut, tetapi mengandung sejumlah glandula sudorifera dan glandula sebacea. Daerah yang ditutupi oleh kedua labia minora ini disebut vestibulum. Masing­ – masing labium minus terbagi menjadi dua lipatan di bagian anterior. Lipatan bagian atas mengelilingi klitoris dan bertemu untuk membentuk prepusium. Dua lipatan bagian bawah melekat pada permukaan bawah klitoris dan disebut frenulum. Di bagian posterior kedua labia minora bertemu untuk membentuk lipatan tipis yang disebut fossa vestibuli vaginae (fourchette), yang dapat mengalami robekan pada terjadinya robekan perineum derajat satu selama melahirkan.

  1. Klitoris (kelentit)

Merupakan struktur kecil, sangat sensitif (peka) dan erektil yang terletak di dalam lipatan preputium dan frenulum. Seperti telah diterangkan di depan, klitoris terdiri dari dua korpus, yaitu corpora cavernosa yang terletak berdampingan satu sama lain dan memanjang ke belakang untuk melekat pada periosteum dari corpus ossis pubis. Klitoris merupakan struktur yang dapat disetarakan dengan penis pada pria, tetapi tidak seperti penis, pada klitoris tidak terdapat urethra.

  1. Vestibulum

Untuk memeriksa vestibulum, maka kedua lipatan labia minora harus dipisahkan (dibuka) agar vestibulum tampak. Terdapat enam muara pada vestibulum.

  1. Meatus uretrae dikenal sebagai ostium urethra externum, dan muara ini terletak 2,5 cm dibawah klitoris,
  2. Dua duktus skene yang berjalan sejajar dengan urethra sepanjang kira-kira 6 cm, dan kemudian bermuara pada kedua sisi ostium urethra externum.
  3. Ostium vaginae juga disebut sebagai introitus vaginae, dan ini menempati dua pertiga bagian bawah vestibulum. Pada gadis (virgo intacta) ostium vaginae ini ditutupi oleh hymen, yaitu suatu membran (selaput) berlubang-lubang yang dapat dilewati darah menstruasi. Hymen akan robek pada saat koitus (hubungan seks) dan laserasi lebih lanjut terjadi pada saat melahirkan, dan sisa robekan tersebut dikenal sebagai caruncula myrtiformis atau curuncula hymenalis.
  4. Dua duktus dan glandula

Glandula bartholini ini terletak di kedua sisi vagina, berada pada ligamentum triangulare bentuk dan besar kelenjar ini sebanding dengan kacang kapri, dan terdiri atas glandula racemosa dan mensekresi mucus. Duktusnya merupakan muara kelenjar tersebut, dan bermuara di luar hymen sehingga sekresi kelenjar tersebut akan mempertahankan genetalia eksterna tetap lembab.

Sumber :

https://finbarroreilly.com/