Jenis komponen dan fungsinya

Home / Umum /  Jenis komponen dan fungsinya

 Jenis komponen dan fungsinya

 Jenis komponen dan fungsinya

Hardware.

Jenis-jenis komponen yang ada pada hardware berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut :

1)      Unit masukan (input device)

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah, guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

  1. a)Peralatan input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alamat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, scanner, 
  2. b)Peralatan input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan melalui media tertentu sebelum input di proses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk, 

2)      Unit pemrosesan (process device)

Yang termasuk dalam unit pemrosesan (process device) ini adalah :

  1. a)Power supply

Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).

  1. b)Random Access Memory (RAM)

Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

  1. c)Prosesor

Pengertian prosesor (CPU) adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi.

  1. d)Motherboard

Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.

Sumber: https://multiply.co.id/