Freeware

Home / Umum / Freeware

Freeware

Freeware

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar. Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Contoh : suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

3)      Free Software

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak.

4)      Shareware

Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari). Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program.  Contoh : perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan perlu membeli produk jika ingin tetap menggunakannya.

  1. Software Pengolah Kata Dan Angka
  2.  Pengertian Software Pengolah Kata Dan Angka

   Software pengolah kata (word processing) merupakan perangkat lunak yang digunakan khusus untuk malakukan pemprosesan kata. Pengolahan kata ini merupakan perangkat linak yang selalu digunakan oleh seluruh pemilik computer untuk tulis menulis surat, brosur, paper, buku, majalah, ataupun karya ilmiah. Ada banyak software pengolah kata yang bisa ditemui dipasaran, seperti word star, chi writer, word perfect, Microsoft, K writer, dan amipro.

Sedang software pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengoleh dan menyimpan data-data. Selain itu, software pengolah angka juga mempunyai kemampuan untuk mengelola data-data tersebut, khususnya data-data berupa angka-angka. Software pengolah angka dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan berbagai jenis perhitungan dan pengolahan angka-angka. Berapa contoh software pengolah angka, seperti lotus 1-2-3, Microsoft excel, apple numbers, KSpread, open office calc, GNumberic, XESS, dan star office calc.

  1.  Fungsi Software Pengolah Kata Dan Angka

Software pengolah kata, sebagai program aplikasi computer memiliki kemampuan sangat tinggi dibandingkan mesin tik. Adapun kelebihan dari software pengolah kata sebagai berikut:

  1. Program pengolah kata memiliki sejumlah karakter huruf yang dapat di ubah-ubah oleh   pengguna sesuai dengan keinginan.
  2. Program pengolah kata dapat melakukan editing (penyunting) tanpa harys membuat dokumen baru.
  3. Program pengolah kata dapat melakukan pekerjaan, menyisipkan gambar, symbol, dan bagian yang mudah.
  4. Program pengolah kata dapat diformat dalam bentuk dan ukuran kertas sesuai dengan keinginan pengguna (User).
  5. Program pengolah kata dapat menyimpan dokumen secara praktis tanpa memakan ruang/tempat yang banyak karena dokumen disimpan dalam bentuk file dan bukan dalam bentuk tumpukan kertas.
  6. program pengolah kata digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat karya tulis ilmiah, brosur, halaman majalah (koran), dan catatan kegiatan.

            Sedangkan fungsi software pengolah angka sangat berguna untuk membuat pekerjaan manusia yang berhubungan dengan angka, seperti mengilah angka statistik, perhitungan angka hasil penelitian, ataupun digunakan untuk perhitungan keuangan dan perusahaan-perusahaan.

Sebagai aplikasi untuk pengolah angka, software pengolah angka dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan berbagai operasi. Beberapa operasi yang bisa dilakukan oleh perangkat lunak pengolah angka, seperti operasi aritmatika yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, operasi stastik, keuangan, dan logika. Dengan menggunakan software pengolah angka kit adapt melakukan perhitungan dengan mudah, cepat dan akurat.

Baca juga: