Makanan Khas Sumatera Utara

Home / Umum / Makanan Khas Sumatera Utara

Makanan Khas Sumatera Utara

Bagi para pencari kuliner, rasanya tidak benar jika Anda melewatkan hidangan khas Indonesia. Terutama ketika datang ke makanan khas Sumatera Utara. Karena ibu kota provinsi Medan dikenal dengan berbagai kulinernya yang menawarkan bulu, yang sangat enak. Namanya unik dan menarik.

1. Dekhe na neura

dekka na Niura Batak food
Gambar: Bisnis
Sumatera Utara adalah makanan khusus yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa pun jika mereka memiliki Dekke Na Nura. Sebelumnya, masakan lezat ini adalah satu-satunya makanan yang disajikan oleh raja-raja suku Batak. Bahan utama terbuat dari ikan mas.

Metode membuat tidak ada neura sangat sederhana dan mudah. Lumuri ikan mas yang sudah dibersihkan dengan asam dan rempah-rempah lalu diamkan selama sekitar empat jam. Setelah itu, mereka akan melayaninya. Bahkan jika Anda makan dengan nasi itu panas.

2. Kue Ombus-ombus

Ombus cake ombus
Cookinid
Tahukah Anda bahwa ada kota kecil bernama Siborong-Borong di wilayah Sumatera Utara? Ombus-ombus adalah kue dari kota kecil ini. Kue Ombus biasanya ditemukan selama acara tradisional. Makanan ini paling enak jika disajikan dengan secangkir kopi.

Kue Oms-ombus terbuat dari tepung beras dicampur dengan gula merah. Setelah itu, bungkus ombus-ombus dengan daun pisang lalu goreng. Tunggu sampai matang dan ombus ombud sangat lezat. Ombus ombus enak dimakan dengan kopi Toraj untuk pecinta kopi Anda.

3. Manuk Napinadar

Penyerang Ayam
Gambar: Borukaro
Makanan ini, juga dikenal sebagai chicken napednar, adalah jenis makanan yang biasa ditemukan dalam aplikasi tradisional. Proses pembuatan napinadar sulit dan rumit. Penyebab paling umum dari diet ini adalah saus darah ayam. Karena itu, penting untuk bersabar.

Cara mulai menggoreng ayam sebentar, lalu olesi dengan saus darah ayam. Setelah itu, ayam tersebut dicampur dengan berbagai bumbu, biasanya dibuat dari bawang putih dan endiman. Setelah diaduk merata, masak ayam sampai matang lalu siapkan untuk disajikan.

4. Mie Gomak

Mie Gomak
Gambar: Tokopedia
Bagi mereka yang mengaku sebagai pecinta spageti, mie gomak harus dimasukkan dalam daftar makanan yang Anda coba. Karena Mie Gomak adalah hidangan tradisional Sumatera Utara yang terbuat dari bahan baku berupa mie spaghetti.

Karakteristik mie gomak dibandingkan dengan spageti di pasaran adalah bumbu yang digunakan. Dalam hal mie gomak, proses produksi dilakukan dengan memasak mie spageti yang dimasak dengan bumbu. Kemudian disajikan.

Baca juga: 40 objek wisata untuk dilihat di lapangan

5. Arsik

Arsip Ikan Mas Butak
Gambar: memegang Nasibox
Sekilas, Arsic memiliki kemiripan dengan selimut di atas Nura. Tentu saja, karena keduanya sebenarnya terbuat dari ikan mas mentah. Perbedaan mendasar adalah dalam metode produksi. Jika ikan hanya diam di kuarsa untuk menyerap bumbu, maka masak ikan dengan arsenik.

Bumbu yang digunakan untuk membuat busur adalah persiapan tanah khas tapanali. Bumbu tersebut kemudian dioleskan pada ikan, kemudian dimasak dengan sedikit minyak. Tunggu sampai air mengering. Jika air arsenik telah mengering, itu adalah tanda bahwa ikan telah dimasak. Bumbunya menembus sepenuhnya.

Sumber: www.wisatakuliner.id

Baca juga: