Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca

Home / Tekno / Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca

Kartu SIM tidak dapat dibaca atau tidak ada layanan root yang terlalu umum karena IMEI biasanya akan hilang. Masalah ini dapat terjadi pada sel apa pun dari Xiaomi, Coolpad, Sony Xperia, Samsung.

Beberapa dari kita mungkin mengalami kartu SIM yang dapat dibaca. Kami tentu merasa tidak nyaman dengan masalah ini, terutama dalam keadaan darurat.

Karena masalah ini, kami tidak dapat mengirim SMS, melakukan panggilan, atau mengakses Internet.

Oleh karena itu, Sensible akan mengambil kesempatan ini untuk menawarkan solusi untuk memenuhi SIM yang belum dibaca. Tetapi sebelum itu, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu bahwa ada alasan mengapa kartu SIM tidak dapat dibaca.

Penyebab kartu SIM tidak terbaca

Pasti ada penyebab untuk setiap masalah. Masalah kartu SIM yang dapat dibaca tidak terkecuali. Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan masalah ini. Berikut adalah beberapa penyebab umum masalah SIM yang terdeteksi:

Kenapa Kartu SIM Tidak Terbaca?

1. Kartu SIM terlalu lama
Tentu saja, semuanya memiliki umur, termasuk kartu SIM. Kartu SIM biasanya terlihat terurai dalam bahan plastik, dan bahkan kuning setelah lebih dari 5 tahun digunakan.

2. Kartu SIM terlalu panas
Slot kartu SIM biasanya terletak di area yang dekat dengan komponen yang terisi panas. Ini tentu saja memanaskan sim kami dan merusak kuningan pada sim.

3. Kerusakan sim kuningan
Kuningan adalah komponen terpenting dari kartu SIM. Kuningan berisi data pengguna.

Kerusakan kuningan bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti seringnya dikeluarkan, sehingga mengalami gesekan.

4. Sistem jaringan yang rusak
Kerusakan jaringan biasanya terjadi jika kita sering mengganti ponsel. Root, ruang khusus dan sejenisnya.

Sistem jaringan yang rusak akan mencegah ponsel menerima sinyal. Meskipun kartu SIM sedang dibaca, tidak ada layanan atau sinyal.

5. Konfigurasi SIM salah
Penyebab lain kesalahan kartu SIM adalah konfigurasi SIM yang salah. Ini biasanya terjadi ketika kami memaksa SIM untuk menggunakan sinyal jaringan 4G.

Meskipun lokasi kami saat ini tidak mendukung jaringan 4G. Anda juga dapat menemukan kesalahan konfigurasi lain di pengaturan APN.

Setiap penyedia memiliki konfigurasi APN sendiri. Maka jangan biarkan kita mendapatkan pengaturan yang salah.

6. IMEI hilang
IMEI adalah kode atau nomor unik yang membedakan setiap ponsel dan slot SIM. Jika IMEI rusak atau hilang. Maka dapat ditemukan bahwa kartu SIM tidak dapat dibaca.

7. Gangguan Jaringan
Selain masalah internal yang ditemukan pada ponsel dan kartu SIM. Tidak ada kartu layanan, kami bahkan tidak dapat mengganggu jaringan penyedia.

Gangguan alami biasanya disebabkan oleh fenomena alam seperti hujan lebat. Namun, pemeliharaan juga dapat dipertahankan pada menara pemancar sinyal.

Ini hanya beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Tentu saja, selain banyak alasan yang kami sebutkan di atas, ada banyak alasan lain.

Sementara kita tahu beberapa alasan mengapa kartu SIM bisa salah. Bagaimana cara mengalahkan mereka.

Berikut adalah beberapa cara untuk menangani kartu SIM yang dapat dibaca atau tidak terbaca.

Bagaimana cara mengalahkan simcard yang belum dibaca

1. Bersihkan kartu jahitan kuningan
Kartu SIM pada awalnya tidak dapat dibaca Salah satu langkah yang bisa kita ambil adalah membersihkan kartu SIM kuningan. Sim kuningan dapat dengan mudah dibersihkan dengan bantuan penghapus.

Metode mengeluarkan kartu SIM sederhana, lalu gosok dengan lembut dengan penghapus pensil. Selain itu, kita juga bisa membersihkan minyak dan jaringan kayu putih.

2. Gunakan mode bandara
Kartu simia tidak dapat dibaca di Xiaomi mi4c

Metode ini sangat sederhana di smartphone kami. Caranya adalah dengan hanya mengaktifkan mode pesawat dan kemudian membiarkannya hidup sebentar, lalu matikan mode pesawat.

Ini secara otomatis akan mengatur jaringan dan mendeteksi sinyal.

3. Mulai ulang smartphone
Xiaomi Kartu SIM yang Tidak Dapat Dilewati

Jika menggunakan mode pesawat tidak menghasilkan. Langkah selanjutnya mungkin me-restart telepon. Dengan reboot, sistem tentu saja akan reboot. Jika kesalahan sistem jaringan terjadi, masalah akan diperbaiki.

4. Atur jaringan untuk memilih secara otomatis
Kartu SIM dapat dibaca tetapi tidak ada layanan

Sinyal yang tak terlihat juga dapat menyebabkan pengaturan jaringan yang salah. Ini biasanya terjadi jika kita memilih hanya jaringan 3G atau hanya 4G.

Sumber: www.tabloidtekno.com

Baca juga: