Cara menanam daun mint

Home / Budidaya / Cara menanam daun mint

Cara menanam daun mint

Cara menanam daun mint agar tumbuh subur. Kita akan membahas dalam artikel ini, cara mendapatkan biji mint, cara merawat tanaman mint sampai kita panen. Tanaman mint adalah jenis tanaman yang cukup mudah dipelihara dan dapat bertahan selama bertahun-tahun jika dirawat dengan benar.

Ada banyak varietas mint, dan varietas yang paling terkenal di masyarakat adalah Mentha arvensis, yang membuat mentol dan minyak mint Jepang. Jika tanaman mint dibiarkan tumbuh tanpa batasan, tanaman mint ini akan tumbuh dengan cepat dan menyebar ke mana-mana dan dapat bersaing dengan tanaman di dekatnya jika mereka menerima makanan yang tersedia di tanah. Jadi, kita bisa membatasi pertumbuhan tanaman mint, dan kemudian kita bisa menggunakan pot untuk menanam tanaman mint.

Mint sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia, tetapi tanaman mint berasal dari daerah tropis di sekitar Mediterania (Laut Mediterania). Menurut sejarah, penyebaran pertama mint, yang mencapai Asia, dikatakan berasal dari Eropa, dan orang-orang Spanyol menyebarkannya ke Semenanjung Melayu dan Singapura. Dengan berakhirnya 1500 M, tanaman mint ini banyak tumbuh di negara-negara seperti California, Washington, Michigan, Ohio dan Rumania, Inggris, Prancis, Maroko, Rusia, Argentina, Brasil, Cina, Bulgaria, dan Jepang. (Baca juga: Cara menanam serai untuk panen yang baik)

Mint adalah tanaman herbal di mana daun mint dapat digunakan untuk salad, untuk mencampur hidangan daging dan ikan, dan sebagai campuran teh atau minuman lainnya. Daun mint menghasilkan aroma mint atau mentol, biasanya digunakan dalam obat batuk dan makanan penutup, serta dalam industri obat kumur rasa mentol. Berikut beberapa langkah untuk penanaman mint:

Cara menanam mint dalam pot

Jika kita akan mencoba menanam daun mint dalam pot, kita perlu menyiapkan ruang untuk pembibitan, mint, dan peralatan mint. Cara mendapatkan biji mint, di sini:

Pilih mint dari tanaman mint yang ada.

Karena menanam mint dari biji cukup sulit dan bahkan sulit dengan beberapa varietas seperti peppermint. Dengan demikian, biji mint dapat diperoleh dengan memotong cabang di atas cabang dan metode ini adalah untuk menumbuhkan cabang baru di bagian ini. Batang yang tidak berdaun ditempatkan dalam segelas air. Setelah 1 minggu, akar putih kecil mulai tumbuh di batang mint, yang akan mulai muncul di bawah air. Kita harus menunggu sekitar 1 minggu agar akar mint tumbuh lebih lama. Jika perlu, Anda dapat menambahkan lebih banyak air ke gelas dan pastikan untuk mengganti air di gelas setiap 4-5 hari agar mint tidak membusuk.

Beli biji mint yang masih kecil

Jika Anda ingin mendapatkan biji mint, Anda dapat membeli biji mint yang masih kecil di toko pertanian atau di kamar bayi. Jenis-jenis tanaman mint termasuk mint manis, cokelat mint, mint, lemon, mint apel dan peppermint. Jenis mint yang paling sering digunakan untuk memasak adalah sperma.

Carilah batang dari cabang atau ranting tanaman batang. Kami memilih batang atau cabang yang tumbuh jauh dari tanaman utama dan ini adalah akarnya sendiri. Kita bisa berhati-hati bahwa itu perlu ditanam kembali agar tanaman utama tidak rusak.

Menanam mint

Jika kita memiliki biji mint berkualitas dan biji mint yang telah menumbuhkan batang dan akar, kita dapat memindahkannya ke dalam pot. Pilih pot dengan lebar sekitar 30-40 cm dan Anda akan menanam 1 tanaman mint di setiap pot karena tanaman mint menyebar dengan cepat dan akar cenderung mengisi pot. (Baca juga: Cara menanam serai untuk panen yang baik)

Area terbaik untuk memulai penanaman mint adalah musim 4 dan mint harus ditanam pada musim semi atau musim gugur. Namun, tanaman mint dapat tumbuh kapan saja, tetapi jika kedua ason ditanam di Anda, tanaman mint akan tumbuh lebih baik. Hambatan air polimer dapat ditambahkan untuk mempertahankan kelembaban tanah, atau perlit atau vermikulit juga dapat digunakan. Berikut cara menanam mint dalam pot:

Sekitar 5 cm. Buat lubang tanam yang dalam, lalu tanam biji mint root. Hanya satu tanaman mint yang harus ditanam di setiap pot sehingga tanaman mint dapat dipaku di dalamnya secara optimal.
Tempatkan pot di ruangan atau dekat jendela di mana ada cukup sinar matahari, di pagi hari dan keduanya

Baca juga: