Cara Mempersiapkan Dana Darurat Keluarga

Home / Umum / Cara Mempersiapkan Dana Darurat Keluarga

Cara Mempersiapkan Dana Darurat Keluarga

Cara mempersiapkan dana darurat telah menjadi bahan perdebatan selama epidemi Covid-19. Karena situasi ekonomi yang sangat berbahaya, peran Dana Darurat Keluarga sangat penting. Namun pada dasarnya sejumlah pertanyaan muncul. Apa itu dana darurat, mengapa itu penting, berapa jumlah yang ideal dan bagaimana mempersiapkannya, di mana alat investasi terbaik untuk dana darurat.

Beberapa tahun yang lalu, saya menulis tentang Dana Darurat (DD), khususnya tentang alat investasi yang tepat untuk menyiapkan DD.

Saya ingin memperbarui artikel, tetapi dalam bentuk yang berbeda sebagai tanya jawab.

Saya pikir banyak orang memiliki pemahaman yang kurang lebih umum tentang apa itu dana darurat, tetapi ternyata banyak detail yang terlewatkan, sehingga persiapan dana darurat menjadi kurang akurat dan efektif.

Dalam situasi ekonomi, pekerjaan itu baik, kebutuhan akan sumber daya darurat sering dilupakan, tetapi semuanya berjalan lancar.

Tantangan mempersiapkan DD adalah:

Saya tidak bisa menabung karena penghasilan saya turun untuk kebutuhan pengeluaran. Konsumsi Milenium yang berlebihan membuat sulit untuk menyelamatkan mereka.
Meskipun Anda dapat menghemat uang, tetapi karena DD perlu disimpan dalam instrumen berisiko rendah, yang berarti pengembalian juga rendah, banyak orang enggan menginvestasikan uang dalam DDs dan lebih suka menginvestasikan pengembalian yang lebih tinggi yang kurang cocok untuk DDs. Pengembalian itu berarti risiko yang lebih tinggi.
Saya mengalaminya sendiri.

Dana darurat

Ketika situasi ekonomi memburuk karena Kovid-19, saya melihat sekeliling dan mengevaluasi apakah jumlah DD cukup. Saya juga membaca berbagai buku dan situs web terkait, mendengarkan seminar online tentang penyelenggara keuangan.

Akibatnya, saya menjalani persiapan DD, saya menemukan banyak lubang, celah.

Saya ingin membagikan hasil pencarian dalam format “tanya jawab” untuk memperjelas pertanyaan secara lebih rinci dan langsung.

Iklan
Apa itu dana darurat?
Dana darurat adalah uang yang siap digunakan kapan saja dalam keadaan darurat.

Apa karakteristik dana darurat?
Dana darurat memiliki banyak karakteristik yang membedakannya dari jenis investasi lain, yaitu 1) disiapkan secara terpisah, disimpan, dan tidak diganggu; 2) dikumpulkan dari pendapatan bulanan reguler; )) Anda dapat menarik uang dengan cepat.

Apa yang dimaksud “dipersiapkan secara khusus, disimpan dan konsisten”?
Aset yang dirancang untuk tujuan tertentu dan kemudian disimpan dengan aman tidak digunakan untuk tujuan non-darurat.

Apa yang Anda maksud dengan “dikumpulkan dari penghasilan bulanan”
Cara menyiapkan dana darurat adalah mengumpulkan pendapatan bulanan secara teratur sehingga Anda dapat mencapai tujuan tertentu.

Apa artinya “membayar cepat dalam keadaan darurat”?
Dana darurat harus dicairkan dengan cepat jika terjadi keadaan darurat. Kecepatan darurat diperlukan untuk dapat memprediksi situasi darurat.

Dana darurat untuk sesuatu
Epidemi Covid-19 adalah kasus darurat yang sebenarnya di mana pendapatan bulanan yang Anda terima secara teratur tiba-tiba menghilang karena penutupan proyek, menunggu pesanan atau hamburan, sementara biaya rutin tidak dapat dihentikan atau hanya sebagian kecil. Akibatnya, ada perbedaan antara pendapatan dan pengeluaran, yang sementara waktu, sampai situasi ekonomi membaik, menggunakan dana darurat untuk menghilangkan perbedaan.

Apa contoh lain dari penggunaan dana darurat?

Selain epidemi ekstrem saat ini, ada kondisi umum yang membutuhkan dana darurat, surplus ketika biaya medis dimasukkan ke rumah sakit, terutama jika Anda atau anggota keluarga membutuhkan perawatan.

Bahkan jika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan, biaya sakit sering melebihi batas asuransi, yang berarti Anda harus membayar lebih.

Pada dasarnya ketika Anda memiliki kebutuhan mendesak untuk pendanaan segera, itu dapat diselesaikan dengan cepat, dalam jumlah besar, yang tidak cukup hanya dengan gaji bulanan.

Mengapa Dana Darurat Sangat Penting Bagi Anggota Independen
Dengan kemajuan teknologi, pekerja lepas saat ini muncul sebagai bisnis yang melayani banyak orang, terutama kaum muda milenium.

Tidak seperti karyawan yang mengenakan biaya kantor, yang pendapatan bulanannya relatif stabil dan terukur, pendapatan kasual bekerja relatif tidak stabil karena tergantung pada proyek dan pesanan.

Untuk mengatasi fluktuasi pendapatan, pekerja lepas perlu memiliki dana keselamatan sehingga kebutuhan hidup dapat dipertahankan bahkan ketika tidak ada pendapatan atau proyek sepi, dan proyek baru menunggu.

Apa pelajaran terpenting dari epidemi Covid-19
Epidemi menunjukkan peristiwa tak terduga, keadaan darurat, peristiwa berskala besar dan jangka panjang. Namun, pelajaran ini

Baca juga: