Cara Budidaya Ikan Guppy Hasil Berkualitas

Home / Budidaya / Cara Budidaya Ikan Guppy Hasil Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Guppy Hasil Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Guppy Hasil Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Guppy Hasil Berkualitas – Paling populer, paling dikagumi, berharga dan favorit menjadi petani, baik pemula, maju dan komersial. Tidak ada ikan akuarium yang memiliki banyak jenis selain ikan guppy.
Tidak ada ikan di penangkaran telah dibesarkan dengan sukses dari dataran danau-danau, ikan biasa-biasa saja, dalam keadaan liar, dengan ratusan spesies ekor mewah berwarna-warni dan eksotis sekarang ada yaitu ikan guppy.
Banyak penggemar sudah mulai melakukan budidaya ikan guppy hanya untuk bersenang-senang, dan sekarang telah menemukan jati diri mereka dan benar-benar terpesona akan keindahan ikan guppy, melalui pembiakan selektif, mereka telah mengembangkan berbagai ikan mewah dan benar-benar unik.
Ikan Guppy atau Ikan Poecilia Reticulata adalah ikan yang mudah berkembangbiak. Habitat ikan guppy asli di danau dan sungai air yang tenang. Ikan ini juga dapat bertahan hidup di air payau yang memiliki kandungan garam tinggi.
Ikan Guppy yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Masuk ke Indonesia pada tahun 1920 sebagai ikan akuarium. Lalu pergi ke alam liar dan berkembang biak dengan cepat. Ikan Guppy dapat ditemukan di hampir semua air tawar di Indonesia.
Ikan Guppy Ikan populer sebagai ikan akuarium karena keindahan warna dan bentuk sirip. Terutama ikan jantan, karena hanya jantan yang memiliki sirip yang indah. Sedangkan ikan betina cenderung tikar dan kusam. Sama seperti ikan cupang.
Budidaya ikan Guppy tidak memerlukan infrastruktur yang mahal. Cukup dengan peralatan sederhana, kita dapat melakukan perkembangbiakan ikan ini.

Berikut ini Adalah Langkah-Langkah Budidaya Ikan Guppy :

1. Peralatan Budidaya Ikan Guppy
Berikut adalah peralatan yang dibutuhkan untuk budidaya ikan guppy, antara lain :
  • Wadah / tempat,
  • Aerator
  • Tanaman air.
  • Wadah untuk akuarium pemijahan ikan guppy bisa, seperti semen, atau bak plastik dan akuarium kaca.
  • Wadah atau tempat yang diperlukan untuk budidaya ikan guppy setidaknya empat fungsi, yaitu:
1. Pemisahan indukan 2 tempat,
2. Pemijahan 1 tempat dilakunya perkawinan,
3. Penetasan 1 tempat untuk penetasan,
4. Pembibitan 1 peliharaan larva.
Ukuran luas wadah dapat bervariasi budidaya ikan guppy, disesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dibudidayakan. Sedangkan ketinggian wadah minimal 30 cm, kecuali untuk tempat pembibitan diperlukan lebih tinggi dari 50 cm.
Sumber: https://newsinfilm.com/