Pengertian Perdagangan Internasional

Home / Kesehatan / Pengertian Perdagangan Internasional

Pengertian Perdagangan Internasional

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar-perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur SutraAmber Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasiglobalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.
Kecenderungan setiap negara adalah sama dalam hal untuk mengkhususkan diri dalam produksi komoditas yang dapat mereka hasilkan dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan negara lain. Oleh karena itu, pembagian kerja internasional dan spesialisasi meriyatkan perdagangan internasional. Tanpa perdagangan internasional hal itu tidak dapat terjadi.

Seperti kita ketahui bahwa Perdagangan Internasional adalah suatu proses tukar-menukar atau  jual beli barang dan jasa yang terjadi antara dua negara atau lebih. Ada dua macam perdagangan internasional yaitu ekspor dan impor. Ekspor adalah kegiatan menjual barang, jasa, atau  faktor produksi ke luar negeri dengan tujuan memperoleh keuntungan sedangkan Impor adalah kegiatan membeli barang, jasa, atau faktor produksi dari luar negeri dengan memperoleh keuntungan.

Menurut beberapa ahli terdapat beberapa pengertian perdagangan internasional antara lain:

  1. Amir M.S yang menyatakan bahwa “Dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks.” Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan.
  2. Adam Smith yang  menyatakan  bahwa “Memfokuskan pada keuntungan mutlak yang menyatakan bahwa suatu negara akan memperoleh keuntungan mutlak dikarenakan negara tersebut mampu memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan negara lain.”
  3. Ricardian yang  menyatakan bahwa “Memfokuskan  pada  kelebihan komparatif dan mungkin merupakan konsep paling penting dalam teori pedagangan internasional.” Tidak seperti model lainnya, rangka kerja model ini memprediksi dimana negara-negara akan menjadi spesialis secara penuh dibandingkan memproduksi bermacam barang komoditas. Ricardian tidak secara langsung memasukan faktor pendukung, seperti jumlah relatif dari buruh dan modal dalam negara.
  4. Heckscgher-Ohlin yang  menyatakan bahwa “Alternatif dari model Ricardian dan dasar kelebihan komparatif. Mengesampingkan kompleksitasnya yang jauh lebih rumit model ini tidak membuktikan prediksi yang lebih akurat.”

2.2 Teori Perdagangan Internasional

Tercatat ada 2 (dua) teori dalam  perdagangan internasional yaitu teori keunggulan mutlak dan teori keunggulan komparatif.

  1. Teori Keunggulan Mutlak (Absolute Advantage Theory)

Teori ini dipelopori oleh Adam Smith

Suatu negara disebut memiliki keunggulan mutlak dari negara lain jika negara tersebut mampu memproduksi lebih banyak barang daripada negara lain. Biasanya, menggunakan sumber produksi yang sama. Teori ini menjelaskan bahwa dengan melakukan spesialisasi pada produksi barang yang produktivitas-nya lebih tinggi dibandingkan negara lain, negara itu akan memperoleh keuntungan dalam perdagangan internasional.

  1. Teori Keunggulan Komparatif (Comparative Advantage Theory)

Teori ini dipelopori oleh David Ricardo

David Ricardo merupakan murid dari Adam Smith, ia melengkapi teori gurunya yang mengatakan bahwa perbedaan keunggulan komparatif juga dapat memberi keuntungan. Dua negara akan tetap dapat melakukan pertukaran melalui perdagangan internasional walaupun salah satu negara mempunyai semua keunggulan.

 

https://radiomarconi.com/