Manfaat Perdagangan Internasional

Home / Kesehatan / Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional akan memberikan keuntungan bagi pelaku – pelakunya. Namun, lebih dari itu secara makro manfaat perdagangan internasional juga tidak sedikit. Manfaat – manfaat tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Memperoleh Divisa

Jika suatu negara mengekspor suatu komoditas, maka akan  mendapat mata uang asing. Mata uang asing itulah yang disebut devisa. Devisa dapat digunakan untuk membeli barang, jasa, atau faktor produksi dari negara lain.

  1. Memperluas Kesempatan Kerja

Kegiatan ekspor akan memberikan kesempatan untuk memperluas kesempatan kerja. Untuk menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja yang sangat besar untuk memenuhi target yang ditentuka oleh suatu perusahaan.

  1. Men-stabil-kan Harga-harga

Jika harga suatu jenis barang dalam negeri mahal atau jumlahnya tidak memenuhi permintaan pasar, barang tersebut harus diimpor. Dengan adanya impor, harga barang yang mahal perlahan akan kembali stabil dan permintaan akan terpenuhi.

  1. Meningkatkan Kualitas Konsumsi

Melalui perdagangan internasional, masyarakat dapat membeli barang yang belum dapat dihasilkan oleh negaranya atau mutunya kurang. Perdagangan internasional  dapat memacu industri dalam negeri untuk meningkatkan kualitas produk untuk bersaing di pasar internasional.

  1. Mendorong Munculnya Teknologi Baru Dalam Proses Produksi

Spesialisasi akan membuat produsen terus berusaha melakukan perkembangan teknologi baru agar biaya produksi semakin murah.

  1. Memperluas Daerah Pemasaran

Adanya perdagangan internasional menyebabkan pasar yang bisa dijangkau produsen semakin luas, karena tidak hanya di dalam negeri melainkan di luar negeri juga.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Spesialisasi produksi, penemuan teknologi baru, dan pasar yang sangat luas karena adanya perdagangan internasional membuat perekonomian terus berjalan lebih cepat, sehingga pertumbuhan ekonomi juga akan lebih cepat.

  1. Setiap Negara Akan Menikmati Semua Barang yang Dibutuhkan.

Suatu negara yang tidak memproduksi barang yang ter-spesialisasi atau ter-standarisasi, akan tetap bisa menikmati barang dari negara lain yang telah dibayar.

  1. Memungkinkan Terjadinya Spesialisasi

Suatu negara tidak perlu untuk memproduksi barang komoditi, karena negara itu akan mendapatkan barang yang negara perlukan. Karena biaya yang mahal menjadi salah satu negara dalam memproduksi barang.

https://9apps.id/