Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Home / Otomotif / Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Adanya banyak faktor yang mendorong negara – negara di dunia melakukan perdagangan internasional. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Perbedaan Sumber Daya Alam

Perbedaan sumber daya alam mengakibatkan setiap negara menghasilkan produk yang berbeda, jarang suatu negara memiliki sumber daya alam yang lengkap untuk memenuhi konsumsi. Hal ini mendorong terjadinya perdagangan di antara negara yang memiliki sumber daya yang berbeda, dengan cara melakukan pertukaran antarnegara.

  1. Perbedaan Barang dan Jasa yang Diproduksi

Karena keterbatasan yang dimiliki, suatu negara tidak mungkin memproduksi sendiri semua barang dan jasa yang dibutuhkan warga negaranya. Hal ini yang menyebabkan ada perbedaan barang dan jasa yang diproduksi. Dan juga, sangat memungkinkan untuk melakukan perdagangan internasional.

  1. Perbedaan Selera Konsumen

Selera konsumen akan memengaruhi jenis barang dan jasa yang akan diimpor atau diekspor suatu negara. Misalnya warga Eropa menyukai produk yang bernuansa alam, maka Indonesia berkesempatan dalam mengekspor produk yang bernuansa alam ke Eropa.

  1. Penghematan Biaya Produksi (Efisiensi)

Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara dapat memasarkan hasil produksi pada banyak negara. Negara yang berproduksi dalam jumlah yang besar sehingga dapat menurunkan biaya produksinya. Barang yang diproduksi dalam jumlah besar maka akan murah, sebaliknya barang yang diproduksi dalam jumlah yang kecil akan mahal. Masalah ini kemudian menjadi alasan sehingga negara berkembang tidak dapat memproduksi barang yang memiliki teknologi tinggi.

  1. Perbedaan Harga Barang yang Diproduksi

Perbedaan ini terjadi karena adanya perbedaan biaya produksi untuk menghasilkan barang tersebut. Perbedaan biaya produksi disebabkan karena adanya perbedaan kemampuan negara dalam mengolah sumber daya ekonomi yang dimiliki. Dengan demikian, akan menyebabkan suatu negara memilih untuk mengimpor barang yang biaya produksinya di dalam negeri lebih mahal sehingga harganya akan lebih mahal.

  1. Perbedaan Teknologi

Beberapa negara telah berhasil dalam memproduksi teknologi maju. Dan sebagian lagi belum dapat menerapkan teknologi maju dengan baik. Negara yang menggunakan teknologi maju akan menjual barang dengan murah pada negara yang teknologinya masih sederhana.

  1. Keinginan Membuka Kerja Sama dengan Negara Lain.

Faktor  ini akan mendorong terjadinya perdagangan internasional yang pada gilirannya akan menyebabkan kerja sama antarnegara di bidang lain juga semakin erat.

  1. Era Globalisasi

Era globalisasi yang salah satunya terwujud dengan perdagangan bebas dunia yang akan segara menyearang negara berkembang mau tidak mau harus di hadapi oleh negara itu.

2.5 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi hambatan dalam melakukan perdagangan internasional. Faktor – faktor tersebut antara lain :

  1. Tidak Amannya Suatu Negara

Jika suatu negara tidak aman, maka para pedagang akan beralih ke negara lain yang lebih lama. Faktor keamanan akan mempengaruhi untuk melakukan perdagangan internasional.