Sarapan Pagi Dengan Nasi Goreng Dapat Menyebabkan Mengantuk

Home / Kesehatan / Sarapan Pagi Dengan Nasi Goreng Dapat Menyebabkan Mengantuk

Sarapan Pagi Dengan Nasi Goreng Dapat Menyebabkan Mengantuk

Pakar kesehatan mengungkapkan bahwa pemilihan makanan waktu sarapan pagi memiliki pengaruh besar bagi kebugaran & daya tahan tubuh seharian. Idealnya, kita mengonsumsi 15 sampai 20 persen total asupan kalori harian. Apabila kita mengonsumsi makanan menggunakan kadar kalori yg terlalu tinggi misalnya nasi goreng, bukannya mendapatkan sumber tenaga yg diperlukan oleh tubuh, tubuh justru akan berusaha lebih keras untuk mencernanya. Hal ini akan membuat tenaga terkuras di saluran pencernaan & akhirnya membuat kita lebih mudah lelah dan mengantuk sebelum jam makan siang tiba.

Apabila kita mengonsumsi nasi yg kaya akan karbohidrat, pankreas akan segera memproduksi insulin buat membantu proses metabolismenya. Hal ini akan menciptakan asam amino bernama L-Tryptophan memasuki sel-sel otot. Sayangnya, kondisi ini membuat otot sebagai semakin rileks dan akhirnya membuat kita mengantuk. Selain itu, suplai darah yg jauh lebih akbar ke saluran pencernaan yang sedang bekerja keras menciptakan suplai darah ke otak menurun drastis. Otak yang membutuhkan nutrisi demi bisa beraktivitas akhirnya mengirimkan frekuwensi mengantuk dampak kondisi ini.

Menurut ahli kesehatan, agresi food coma yang menciptakan tubuh kita mengantuk dampak mengonsumsi makanan berkarbohidrat misalnya nasi ditimbulkan sang tingginya nilai indeks glikemik pada makanan ini. Hal ini akan membuat pankreas menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yg terlalu banyak sehingga mensugesti penggunaan tenaga tubuh buat mencerna makanan.

Serangan food coma sering terjadi ketika pukul 10.00 atau lebih kurang tiga jam sesudah mengonsumsi sarapan pagi, kurang lebih pukul 14.00 atau sekitar 2 jam sehabis makan siang, & kurang lebih pukul 16.00 sore. Demi menghindarinya, ada baiknya kita mengonsumsi sarapan yang memiliki kadar indeks glikemik yang nir terlalu tinggi seperti makanan dengan karbohidrat kompleks.

Baca Juga: