Cara Mengatasi Masalah Pada Injektor Nozzle Mesin Diesel Bermasalah

Home / Otomotif / Cara Mengatasi Masalah Pada Injektor Nozzle Mesin Diesel Bermasalah

Cara Mengatasi Masalah Pada Injektor Nozzle Mesin Diesel Bermasalah

Salah satu komponen urgen pada mesin diesel ialah Injektor atau nozzle. Komponen ini bermanfaat untuk memancar bahan bakar diesel atau solar sampai-sampai menjadi tenaga supaya mesin bisa bergerak.

Meski begitu, ada perbedaan fundamental yang butuh Anda ketahui antara mesin diesel konvensional dengan mesin diesel common-rail, yang terletak pada sistem penataan bahan bakarnya.

Untuk mesin diesel konvensional, masih mengandalkan gerakan kabel besi penghubung yang berasal dari pedal gas serta banyaknya solar yang disalurkan ke ruang bahan bakar secara manual.

Sedangkan guna mesin diesel yang telah memakai sistem common-rail, rpm mesin, pedal gas, serta banyaknya bahan bakar yang dikeluarkan telah ditata sedemikian rupa oleh komponen ECU atau komputer secara otomatis.

Meski secara sistem berbeda, mendeteksi kehancuran injektor atau nozzle mobil diesel yang telah bobrok tetaplah sama.

Salah satu indikasi yang dapat Anda temukan andai injektor nozzle mobil diesel bobrok ada pada suara mesin mobil diesel yang kasar sehingga mengakibatkan mesin tidak dapat mengeluarkan performa optimalnya. Bukan melulu itu saja, indikasi beda yang dapat menjadi tanda bahwa komponen nozzle mobil diesel rusak ialah pada asap emisi gas buang di knalpot yang berwarna putih pekat dan perih di mata.

“Kalau anda lihat asap knalpotnya tidak terdapat asap, berarti normal. Tapi bila sampai hadir asap putih pekat dan pedas di mata, maka injektor nozzle bermasalah,” ucap salah satu empunya bengkel mobil diesel di distrik Batuceper, Tangerang, Giok Can.

Pada dasarnya, suara kasar pada mesin diesel tersebut karena 3 kemungkinan, dapat dari metal jalan, pen piston, serta injektor nozzle tersebut sendiri.

Di mesin diesel konvensional, kehancuran pada komponen nozzle ini bisa dengan gampang dideteksi dengan teknik mengendurkan injektornya. Kalau hingga suara kasarnya menghilang, maka berarti terdapat masalah pada unsur injektor tersebut.

“Kalau injektor nozzle macet atau rusak, mesin ketika digas sedikit tentu pincang, tetapi suara kasarnya jadi ilang,” terangnya.

Tapi bila suara kasar tidak hilang pun setelah injektor dikendurkan, berarti kehancuran terjadi pada unsur metal jalan atau pen pistonnya.

Sumber : https://www.spreaker.com/user/sevamobilbekas