Cara Membayar Pajak Mobil Secara Online

Home / Otomotif / Cara Membayar Pajak Mobil Secara Online

Cara Membayar Pajak Mobil Secara Online

Dengan semakin meluasnya pandemic virus corona di Indonesia, serta mendorong supaya masyarakat tetap sedang di rumah. Korlantas Polri mengimbau untuk para empunya mobil untuk menunaikan pajak mobilnya melewati sistem daring. Lalu bagaimana teknik bayar pajak mobil secara online?

Berdasarkan penjelasan resminya, pihak Korlantas menyarankan para empunya mobil yang hendak melakukan pembayaran pajak tahunan supaya tidak butuh datang langsung ke Samsat dan mengimbau guna memanfaatkan layanan software Samsat Online Nasional.

Meski sampai kini layanan Samsat masih beroperasi normal, tetapi tidak terdapat salahnya supaya Anda tetap berada di lokasi tinggal saja supaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dan memanfaatkan layanan software Samsat yang sudah disediakan.

Nah, inilah ini ialah langkah-langkah guna dapat bayar pajak mobil online, antara beda yaitu:

1. Mengunduh software Samsat Online Nasional

2. Memilih menu pajak kendaraan bermotor (PKB), lalu mengurangi menu pendaftaran

3. Setelah tersebut akan hadir pernyataan yang menjelaskan bahwa TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan stiker pengabsahan STNK kita akan diantarkan ke alamat yang sudah tertera di STNK. Pada etape ini, Anda bakal diminta untuk memungut keputusan, apakah setuju atau tidak setuju dengan pengakuan tersebut. Langkah selanjutnya ialah menekan tombol setuju.

4. Kemudian bakal muncul eksemplar isian yang wajib dipenuhi oleh mesti pajak, antara lain yakni nomor polisi, NIK, lima digit terakhir dari nomor rangka, email dan nomor telepon.

5. Setelah eksemplar isian dilengkapi, tekan tombol lanjutkan. Setelah itu, sistem akan mengerjakan pemrosesan data itu selama tidak cukup dari satu menit. Jika data yang kita isi sudah sesuai, maka akan hadir data menyeluruh mengenai kendaraan yang butuh dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang mesti kita bayar.

6. Selanjutnya, mesti pajak mengurangi tombol setuju supaya mendapatkan kode pembayaran yang dapat dipakai untuk mengerjakan pembayaran pajak melalui sekian banyak layanan E-Channel perbankan, laksana e-Banking atau ATM.

Setelah mengerjakan pembayaran, maka Samsat secara otomatis sudah mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) atau STNK yang selanjutnya bakal langsung diantarkan ke lokasi tinggal Anda, sangat lama sekitar 3 hari.

Meski begitu, teknik bayar pajak mobil online ini melulu berlaku guna pajak tahunan berlangsung saja, dan tidak mempunyai tunggakan pajak atau mempunyai tunggakan pajak kendaraan yang lamanya sedang di bawah satu tahun.

Sumber : https://www.bizcommunity.com/Profile/sevaid