FCC meratifikasi Wi-Fi 6E pagi ini

Home / Tekno / FCC meratifikasi Wi-Fi 6E pagi ini

FCC meratifikasi Wi-Fi 6E pagi ini

FCC meratifikasi Wi-Fi 6E pagi ini

 

FCC meratifikasi Wi-Fi 6E pagi ini

FCC meratifikasi Wi-Fi 6E pagi ini

Selama pertemuan bulanan Komisi Komunikasi Federal hari ini, ia meratifikasi penggunaan spektrum frekuensi radio 6GHz tanpa izin di AS. Keputusan ini membuka jalan bagi standar Wi-Fi 6E yang diusulkan untuk bergerak maju.

Raksasa industri Intel dan Broadcom mulai merencanakan langkah ini dua tahun lalu. Broadcom merilis chipset Wi-Fi 6E pertamanya pada bulan Februari, yang ditargetkan pada perangkat seluler seperti smartphone dan tablet. Intel belum merilis produk yang sebenarnya menggunakannya, tetapi dalam diskusi dengan Ars, perwakilan Intel mengkonfirmasi bahwa mereka sedang dalam perjalanan.

Juru bicara Intel mengatakan bahwa perangkat prototipe yang berfungsi sendiri perusahaan adalah bagian dari presentasi yang awalnya diberikan kepada FCC untuk memfasilitasi proses pengambilan keputusan dan menggambarkan kerja Intel dan Broadcom pada perangkat sebelum keputusan FCC sebagai investasi dua tahun yang berisiko namun bermanfaat pada bagian kedua perusahaan.
Aturannya sejauh ini

Meskipun FCC secara luas diharapkan untuk secara bulat meratifikasi penggunaan spektrum 6GHz tanpa izin secara umum, aturan penggunaan yang terkait kurang pasti. Hingga hari ini, spektrum 6GHz hanya untuk penggunaan berlisensi — tetapi itu tidak berarti itu belum digunakan.

Penggunaan spektrum 6GHz berlisensi termasuk backhaul microwave point-to-point (digunakan oleh penyedia nirkabel

komersial), komunikasi telepon dan utilitas, dan tautan kontrol. Ini juga mencakup Link Relai Televisi Kabel — yang merupakan tautan seluler yang digunakan oleh penyiar berita yang melakukan pelaporan langsung di lokasi — dan astronomi radio.

Berita yang benar-benar luar biasa untuk pendukung Wi-Fi 6E — dan pengguna di masa depan — adalah bahwa FCC telah meratifikasi penggunaan seluruh spektrum 1.2GHz tanpa izin untuk perangkat dalam ruangan berdaya rendah. Memisahkan penggunaan luar ruangan dan daya tinggi tanpa izin dari daya dalam dan rendah memungkinkan utilitas spektrum maksimum dalam lingkungan Wi-Fi yang paling umum (dan paling ramai), sekaligus menjaga utilitas pengguna berlisensi yang sudah berkuasa.

Pernyataan Komisaris FCC Michael O’Rielly pagi ini membahas hal ini secara lebih rinci, memperjelas bahwa Kontrol Frekuensi Otomatis — jenis teknologi yang membatasi penggunaan 5GHz pada frekuensi DFS di Wi-Fi modern — tidak akan diperlukan untuk sebagian besar perangkat di 6GHz band:

Semua manfaat luar biasa ini hanya dapat diwujudkan dengan mengotorisasi operasi bertenaga standar dan perangkat LPI, yang tidak seperti sistem berkekuatan tinggi tidak membutuhkan AFC.

Sementara ada banyak perdebatan tentang apakah penggunaan LPI dapat menyebabkan gangguan pada jaringan tetap,

pengumpulan berita elektronik, dan penggunaan lainnya, studi dalam catatan dan analisis para profesional berbakat di Kantor Teknik dan Teknologi cukup jelas: tidak berlisensi penggunaan — dengan aturan teknis yang diatur dalam butir ini — dapat diperkenalkan tanpa menyebabkan interferensi berbahaya.

Komisaris Geoffrey Starks menunjukkan bahwa bahkan mereka yang bukan pengadopsi awal teknologi Wi-Fi 6E akan diuntungkan, karena mereka yang akan bersaing lebih sedikit untuk spektrum 5GHz yang tersedia:

Bahkan bagi mereka yang tidak mampu membeli peralatan baru yang akan memanfaatkan spektrum baru dan iterasi terbaru WiFi, kecepatan untuk perangkat mereka akan meningkat ketika lalu lintas WiFi yang ada berpindah ke spektrum baru … Saluran Wi-Fi dalam rumah [akan] menjadi kurang padat, dan data mengalir lebih bebas.

Pemungutan suara FCC untuk meratifikasi penggunaan 6GHz tanpa izin bersifat dwi-partisan dan dengan suara bulat, dengan pernyataan pendukung yang dibuat oleh organisasi termasuk Asosiasi Internet & Televisi, Piagam, Comcast, Pengetahuan Publik, dan Wi-Fi Alliance.
Masih akan datang

Dengan penggunaan umum 6GHz yang diamankan, FCC mengharapkan untuk melihat muatan luar biasa dari lalu lintas seluler saat ini ke Wi-Fi lokal — Komisaris O’Rielly mengutip penilaian Wi-Fi Forward ketika mengklaim bahwa 76 persen dari semua lalu lintas seluler akan diturunkan ke Wi- Fi dalam dua tahun ke depan.

Tidak semua saran O’Rielly disahkan hari ini. Secara khusus, komisi tersebut masih mempertimbangkan ekstensi untuk

memungkinkan perangkat Very Low Power (VLP) untuk beroperasi di luar ruangan tanpa menggunakan kontrol frekuensi otomatis. Ini akan mendorong penggunaan 6GHz untuk perangkat yang dapat dipakai, seperti headset VR dan jam tangan pintar, yang hanya membutuhkan koneksi jarak sangat pendek ke perangkat yang terhubung.

Dengan aturan yang dapat digunakan untuk penggunaan spektrum 6GHz tanpa izin yang ditentukan, kami secara luas berharap untuk melihat perangkat Wi-Fi 6E mulai tersedia untuk konsumen pada akhir 2020 atau awal 2021.

Baca Juga: