Telkomsel jelaskan tantangan Indonesia masuki era 5G

Home / Tekno / Telkomsel jelaskan tantangan Indonesia masuki era 5G

Telkomsel jelaskan tantangan Indonesia masuki era 5G

Telkomsel jelaskan tantangan Indonesia masuki era 5G

Telkomsel jelaskan tantangan Indonesia masuki era 5G

Perusahaan operator telekomunikasi Telkomsel menjelaskan sejumlah tantangan

yang dihadapi Indonesia saat memasuki era jaringan telekomunikasi generasi kelima (5G), salah satunya adalah menyiapkan seluruh ekosistem sebelum 5G benar-benar diimplementasikan.

“Kalau dari segi teknis hanya hitungan jam, hanya software saja, perangkat kita sudah siap tinggal aktikan bisa, tapi yang harus disiapkan bukan hanya itu, tapi seluruh ekosistemnya,” ujar General Manager Network Strategic Roadmap Telkomsel, Christian Guna Gustiana dalam temu media di Jakarta, Rabu.

Tantangan pertama, menurut Christian adalah spektrum. Saat ini spektrum yang paling banyak dipakai oleh operator global adalah 3,5GHz, 2,6GHz dan 26GHz. Namun, 3,5GHz dan 2,6GHz saat ini sedang digunakan, sementara frekuensi yang kosong 26GHz secara coverage tidak terlalu baik.

“Kita lagi coba solusikan bersama. Kita kolaborasi erat dengan teman-teman regulasi bagaimana supaya kita bisa manfaatkan secepatnya,” ujar Christian.

Selain dari segi spektrum, yang berpengaruh pada regulasi,

membangun ekosistem 5G juga menjadi tantangan tersendiri, yakni migrasi penggunaan perangkat 4G ke 5G.

Meski begitu, Christian melihat sinyal positif dari manufaktur ponsel. Jika dibandingkan saat peralihan 3G dan 4G yang membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun, implementasi 5G pada perangkat mobile jauh lebih cepat.

“Standar 5G baru disahkan pertengahan tahun, kemudian akhir tahun

sudah muncul device realnya, bukan hanya dari Oppo, Samsung, Huawei, Xiaomi juga ada. Yang sebelumnya butuh tiga tahun, ini 6 bulan, jadi kelihatannya 5G ini lebih cepat adopsinya,” kata dia.

 

Baca Juga :