Tips dan Trik Fotografi Makro Menggunakan Kamera Ponsel

Home / Tekno / Tips dan Trik Fotografi Makro Menggunakan Kamera Ponsel

Tips dan Trik Fotografi Makro Menggunakan Kamera Ponsel

Tips dan Trik Fotografi Makro Menggunakan Kamera Ponsel

 

Tips dan Trik Fotografi Makro Menggunakan Kamera Ponsel

Tips dan Trik Fotografi Makro Menggunakan Kamera Ponsel

Fotografi makro secara sederhana adalah teknik foto yang dapat menghasilkan gambar detail pada objek seperti serangga dan bunga dengan pengambilan yang sangat dekat.

Biasanya teknik ini digunakan dengan kamera profesional seperti DSLR. Tapi kini, siapapun termasuk Anda, bisa mengaplikasikan fotografi makro hanya dengan kamera pada perangkat ponsel.

Untuk menghasilkan gambar makro pada smartphone, Anda akan membutuhkan alat bantu yaitu berupa lensa makro tambahan dan aplikasi penunjang.

Lensa makro tambahan ini bisa Anda temukan di sejumlah toko online dan offline. Ada yang berbentuk seperti penjepit

atau clip, ada juga yang bisa ditempel dan semua jenis ini kompatibel dengan smartphone tipe apapun.

Setelah menyiapkan alat bantu, ada baiknya Anda menyimak sejumlah tips untuk melakukan teknik fotografi makro yang telah dirangkum Tirto sebagai berikut.

Temukan Objek yang Pas

Penting untuk dilakukan sebelum memotret, ada baiknya Anda untuk membuat konsep terlebih dulu mau objek yang seperti apa dan bagaimana. Jika bingung, Anda bisa mencari referensi yang ada di Google atau situs pencarian gambar lainnya.

Usahakan foto yang diambil tampak natural dengan cahaya yang cukup untuk membuat foto tetap hidup dan detail terlihat jelas sesuai dengan maksud dari teknik itu sendiri.

Potret Dengan Mode Manual

Mode manual bisa menjadi opsi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa mengatur cahaya, fokus, shutter speed dan lainnya sesuai dengan keinginan.

Opsi ini biasanya sudah tersedia di sejumlah smartphone terkini, khususnya Android, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo,

dan lainnya.

Sementara itu, bagi pengguna iPhone, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yakni Moment untuk bisa menggunakan mode manual tersebut.

Gunakan Burst Shooting

Dengan Burst memungkinkan Anda untuk menangkap foto objek berkali – kali dalam beberapa detik hanya dengan menahan tombol shutter yang ada pada smartphone.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan momen terbaik baik dari segi angle, warna dan lainnya, terutama pada objek bergerak seperti serangga.

Alat Lighting

Alat pencahayahaan tambahan mungkin dibutuhkan jika cahaya yang ditangkap kamera kurang atau agak redup.

Alat ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan ISO yang lebih rendah, sehingga dapat meminimalisir terjadinya noise pada gambar yang dihasilkan.

Aplikasi Editing Foto

Aplikasi edit foto bisa menjadi penunjang hasil yang lebih baik. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk memperbaiki sejumlah aspek yang dirasa kurang, misalnya brightness, contrast, white balance dan warna.

Aplikasi yang biasa dipakai oleh sejumlah kalangan pecinta fotografi pada smartphone dan juga dapat Anda gunakan adalah Adobe Lightroom, Snapseed dan VSCO.

Sumber:

https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/seva-mobil-bekas/