Pengertian Perkawinan

Home / Pendidikan / Pengertian Perkawinan

Pengertian Perkawinan

Pengertian Perkawinan

Pengertian Perkawinan

Dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 1974

yang mengatur tentang perkawinan, pasal 1 dengan tegas menyebutkan pengertian perkawinan. Pasal tersebut menegaskan bahwa: “Perkawinan adalah Ikatan lahir bathin antara seorang Pria dan seorang wanita sebagai Suami-Isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan KeTuhanan Yang Maha Esa”.

Dengan kata lain perkawinan ialah perjanjian perikatan antara pihak seorang laki-laki dengan pihak seorang perempuan untuk melaksanakan kehiduan suami-istri, hidup rumah tangga, melanjutkan keturunan sesuai dengan ketentuan agama. Jadi tujuan pekawinan adalah membentuk keluarga yang diliputi rasa saling cinta mencitai dan rasa kasih sayang antara anggota keluarga.

Sedangkan menurut kompilasi hukum islam pengertian perkawinan seperti yang terdapat pada pasal 2 dinyatakan bahwa perkawinan dalam hukum islam adalah pernikahan yaitu akad yang sangat kuat atau miitsaaqon gholiidhan untuk mentaati perintah Allah dan melaksanakannya merupakan ibadah.

Menurut sajuti thalib perkawinan adalah suatu perjanjian yang kuat dan kokoh untuk hidup bersama secara sah antara seorang laki-laki dengan perempuan membentuk keluarga yang kekal, santun-menyantuni, kasih-mengasihi, tenteram, dan bahagia.


Baca Juga :