Mengenal Fitur Baru Instagram yang Bisa Cegah Online Bullying

Home / Tekno / Mengenal Fitur Baru Instagram yang Bisa Cegah Online Bullying

Mengenal Fitur Baru Instagram yang Bisa Cegah Online Bullying

Mengenal Fitur Baru Instagram yang Bisa Cegah Online Bullying

 

 

Mengenal Fitur Baru Instagram yang Bisa Cegah Online Bullying

Mengenal Fitur Baru Instagram yang Bisa Cegah Online Bullying

Instagram punya fitur baru yang bisa mencegah pengguna mengunggah pesan yang berpotensi menyinggung pengguna

lain.

Caption-warning, nama fitur baru itu telah dirilis pada 16 Desember 2019 lalu.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat notifikasi bila teks (caption) di foto atau video yang akan diunggah berisiko menimbulkan perundungan daring (online bullying).

“Pengguna punya kesempatan untuk menjeda dan mempertimbangkan kembali [mengubah] teks itu sebelum diunggah,” tulis Instagram di laman blog resminya.

Fitur baru ini memperluas tool yang memberi tahu pengguna ketika komentar mereka dianggap tidak sopan sebelum diunggah, yang telah dirilis pada beberapa bulan lalu.

Dalam kerjanya, fitur ini menggunakan kecerdasan buatan atau AI untuk mendeteksi teks yang berpotensi menyinggung

orang lain.

Pengguna akan menerima notifikasi di layar bila menulis teks yang dianggap menyinggung. Pemberitahuan itu akan menjelaskan bahwa caption foto atau video yang ditulis mirip dengan yang dilaporkan sebagai bullying.

Mereka masih dimungkinkan untuk mengedit teks sebelum diunggah kendati telah ditandai sebagai pesan yang berisiko menyinggung pengguna lain.

Instagram mengatakan fitur ini bertujuan untuk mengedukasi pengguna dan mencegah mereka agar tak melanggar aturan media sosial milik Facebook itu. Sebab, bila itu terjadi, mereka dapat kehilangan akunnya.

Caption-warning telah dapat dijumpai di negara-negara tertentu. Menurut Instagram, fitur ini akan meluas ke seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya, Instagram pada bulan Oktober 2019 lalu telah meluncurkan fitur Restrict (Batasi) setelah melakukan tahap pengujian ke sebagian pengguna.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pemilik akun untuk membatasi pengguna Instagram lain yang berkomentar kasar bernada merundung (bullying) di unggahan miliknya.

Fitur ini juga bisa membatasi komentar di sebuah unggahan Instagram dan hanya akan dilihat oleh pemilik unggahan dan

pemberi komentar saja.

Pihak Instagram melalui blog resminya mengatakan, fitur ini diluncurkan untuk melindungi para penggunanya dari tindak perundungan (bullying) yang kerap kali terjadi pada anak muda.

“Perundungan adalah isu yang kompleks, dan kami tahu anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya, tapi mereka enggan untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka,” tulis Instagram saat itu.

Baca Juga: