Penjelasan Mengenai apa Itu Web Browser

Home / Pendidikan / Penjelasan Mengenai apa Itu Web Browser

Penjelasan Mengenai apa Itu Web Browser

Penjelasan Mengenai apa Itu Web Browser

Penjelasan Mengenai apa Itu Web Browser

Penjelasan Mengenai apa Itu Web Browser

Apa itu web browser? Apa itu serach engine? Apa beda antara keduanya? Itulah pertanyaan seorang teman yang ternyata meminta sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara web browser dengan search engine. Nampaknya beliau bingung misalnya Safari itu masuk web browser apa masuk search engine. Apakah keduanya harus digunakan? Jawabannya adalah ya, ketika berselancar di internet maka keduanya harus ada.

 

Web browser adalah program software yang menafsirkan/menerjemahkan bahasa pengkodean dari World Wide Web dalam bentuk grafik, menampilkan terjemahan dan bukan menampilkan coding. Sebagai informasi bahwa wajah sebuah web sebenarnya sangat berbeda jauh dengan bahasa kode yang digunakan. Jadi yang anda lihat pada sebuah halaman web sebenarnya hasil terjemahan kode dari web bersangkutan. Web browser memungkinkan setiap orang untuk “menelusuri Web” melalui navigasi klik, melalui perintah yang digunakan dalam bahasa perangkat lunak.

World Wide Web sebenarnya ditulis dalam Hypertext Markup Language (HTML). Bahasa HTML ini berupa kode-kode yang kita maksuda diatas. Untuk jelasnya mari kita lihat contoh dibawah ini;

<html>
<head>
<title>Pengertian Web Browser </title>
</head>
<body>
Artikel ini membahas tentang Web Browser
</body>
</html>

Kemudian script kode diatas ditermahkan oleh web browser Firefox misalnya dan hasilnya seperti dibawah ini:

Artikel ini membahas tentang Web Browser

Nah sekarang yang anda lihat di layar anda adalah sepenggal kalimat diatas, tetapi bahasa kode untuk menampilkan kalimat itu sebenarnya adalah seperti kode-kode HTML diatas. Nah itulah pekerjaan web browser.

Contoh beberapa web browser;

  1. Chrome.
  2. Firefox
  3. Opera
  4. Konqueror
  5. Safari
  6. Lynx
  7. Midori
  8. Arora
  9. Dooble
  10. NetSurf
  11. Maxthon
  12. SealMonkey
  13. dll

Sumber : https://furnituremebeljepara.co.id/