CMS Joomla

Home / Pendidikan / CMS Joomla

CMS Joomla

Table of Contents

CMS Joomla

CMS Joomla

CMS Joomla

Salah satu CMS yang saat ini paling sering dipakai dan digunakan oleh banyak orang adalah Joomla. Joomla adalah Content Management System (CMS) yang bebas dan terbuka (Open Source) ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database Management Systems (DBMS) MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performance, RSS, blogs, poling, dll. Joomla menggunakan lisensi General Public License (GPL). Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Suwaheli dari penduduk Kenya dan Tanzania di Benua Afrika yang berarti “all this together” atau “kebersamaan”. Paket Joomla terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan termodul dengan fleksibel sehingga dapat mudah dikembangkan dan diintegrasikan, paket tersebut dibuat ke dalam paket pengembangan Templates, Components, Modules, Mambots dan Languages Pack.

Prinsip Dasar dan Cara Kerja Joomla
Joomla mempunyai prinsip fleksibel, simple, elegant, customize dan powerful. Secara garis besar Joomla terdiri dari tiga elemen dasar yaitu server web, script PHP dan database MySQL.
Web server diasumsikan terhubung dengan internet/intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Script PHP terdiri dari kode program dalam bahasa php dan database merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai webserver dan MySQL untuk databasenya.

Struktur File
File yang utama dalam CMS Joomla adalah file-file yang terletak di root direktori Joomla, namun dalam pembahasan ini hanya file yang penulis anggap penting yaitu configuration.php, copyright.php, index.php, license.php, mainbody.php dan pathway.php.

Struktur Direktori
Joomla memiliki beberapa direktori yang mempunyai fungsi tersendiri., setiap direktori mempunyai subdirektori dan file-file pendukung sesuai fungsinya. Direktori yang terletak di root direktori Joomla adalah administrator, cache, components, editor, help, images, includes, installation, language, mambots, media, modules dan templates.

Manajemen dan Struktur Konten Joomla
Sebagai sebuah bagian dari CMS, Joomla lebih terfokus pada bagaimana mengorganisasikan isi (content) web. Adapun masalah bagaimana tampilan yang dihasilkan dari website tersebut baik berupa warna, huruf, tata letak posisi dan lainnya yang berkaitan dengan tema dari website dapat diatur dan diaplikasikan dalam sebuah template. Penentuan struktur isi (content) diawal perencanaan sangat diutamakan untuk mempermudah pengunjung dalam mencari berita atau artikel pada website Joomla. Pengelolaan yang professional sangat ditentukan oleh struktur isi (content) yang baik, pengelolaan isi (content) dikelompokkan ke dalam bagian (sections) dan kategori (categories), dimana untuk setiap bagian terdiri dari minimal satu atau lebih kategori, setiap kategori terdiri dari satu atau lebih isi item (content items) dan satu content items dapat diidentikkan dengan satu artikel atau berita.

Sumber : https://youtubers.id/homicide-squad-apk/