Komponen Sistem Informasi

Home / Pendidikan / Komponen Sistem Informasi

Komponen Sistem Informasi

Table of Contents

Komponen Sistem Informasi 

Komponen Sistem Informasi

Komponen Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan sebuah susunan dari orang, aktivitas, data, jaringan dan teknologi yang terintegrasi yang berfungsi untuk mendukung dan meningkatkan operasi sehari – hari sebuah bisnis, juga menyediakan kebutuhan informasi untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan oleh manajer.
Sistem informasi personal adalah sistem informasi yang didesain untuk memenuhi kebutuhan informasi personal dari seorang pengguna tunggal (single user). Sedangkan sistem informasi multiuser didesain untuk memenuhi kebutuhan informasi dari kelompok kerja (departemen, kantor, divisi, bagian) atau keseluruhan organisasi. Untuk membangun sistem informasi, baik personal maupun multiuser, haruslah mengkombinasikan secara efektif komponen-komponen sistem informasi, yaitu: prosedur kerja, informasi (data), orang dan teknologi informasi (hardware dan software).
Data dan Informasi Akuntansi 
Setiap sistem informasi akuntansi melaksanakan lima fungsi utama, yaitu pengumpulan data, pemrosesan data, manajemen data, pengendalian data (termasuk security), dan penghasil informasi.
1. Pengumpulan Data 
Fungsi pengumpulan data terdiri atas memasukkan data transaski melalui formulir, mensyahkan serta memeriksa data untuk memastikan ketepatan dan kelengkapannya.
Jika data bersifat kuantitatif, data dihitung dahulu sebelum dicatat. Jika data jauh dari lokasi pemrosesan, maka data harus ditransmisikan lebih dahulu.
2. Pemrosesan Data
Pemrosesan data terdiri atas proses pengubahan input menjadi output. Fungsi pemrosesan data terdiri atas langkah-langkah sebagai berikut:
• Pengklasifikasian atau menetapkan data berdasar kategori yang telah ditetapkan.
• Menyalin data ke dokumen atau media lain.
• Mengurutkan, atau menysusn data menurut karaktersitiknya.
• Mengelompokkan atau mengumpulkan transaski sejenis.
• Menggabungkan atau mengkombinasikan dua atau lebih data atau arsip.
• Melakukan penghitungan.
• Peringkasan, atau penjumlahan data kuantitatif.
• Membandingkan data untuk mendapatkan persamaan atau perbedaan yang ada.
Sumber : https://ekonomija.org/