Rahasia Nilai Sempurna Tanpa Bimbel ala Hafidh Rifai Kusnanto, Peraih Nilai 100 pada UNBK 2019

Home / Pendidikan / Rahasia Nilai Sempurna Tanpa Bimbel ala Hafidh Rifai Kusnanto, Peraih Nilai 100 pada UNBK 2019

Rahasia Nilai Sempurna Tanpa Bimbel ala Hafidh Rifai Kusnanto, Peraih Nilai 100 pada UNBK 2019

Rahasia Nilai Sempurna Tanpa Bimbel ala Hafidh Rifai Kusnanto, Peraih Nilai 100 pada UNBK 2019

Rahasia Nilai Sempurna Tanpa Bimbel ala Hafidh Rifai Kusnanto, Peraih Nilai 100 pada UNBK 2019

Rahasia Nilai Sempurna Tanpa Bimbel ala Hafidh Rifai Kusnanto, Peraih Nilai 100 pada UNBK 2019

Ikut bimbel di lembaga A, B, C, D sampai bimbel online supaya dapat nilai bagus? Ya,

bagi kebanyakan pelajar mungkin pernyataan tersebut memang benar. Bimbel memang seolah jadi kegiatan yang wajib dilakukan kalau ingin pintar. Namun prinsip ini tidak berlaku bagi Hafidh Rifai Kusnanto, peraih nilai sempurna (rata-rata 100) pada UNBK 2019 yang berasal dari SMAN 4 Surakarta. Menurut ia, bimbel bukanlah satu-satunya solusi.
hafidh rifai kusnanto peraih nilai 100 UNBK 2019, tips belajar unbkHafidh Rifai Kusnanto bersama sang ibu. (sumber gambar: fakta.news)

Faktor ekonomi yang pas-pasan mendorong Rifai untuk berjuang secara mandiri. Ia tidak pernah mengikuti bimbel (bimbingan belajar) atau les di luar sekolah. Semua mata pelajaran dipelajarinya sendiri di rumah. Satu-satunya trik yang ia lakukan yaitu mengoptimalkan waktu belajar, dan banyak mengerjakan latihan-latihan soal. Tidak hanya pada jam belajar rutin, waktu luangnya pun selalu diisi dengan belajar dan berlatih soal. Saat belajar, setiap konsep materi harus dipahami alurnya, bukan sekadar menghafalkan rumus-rumus. (sumber berita: news.detik.com)

Trik yang dipraktekan oleh Rifai ini mungkin terdengar biasa bagi sebagian besar pelajar

, namun nyatanya sangat ampuh. Jangan pandang sepele manfaat latihan soal! Analoginya, seorang atlet pebulu tangkis tidak akan bisa mahir memainkan bulu tangkis jika ia jarang berlatih. Bagaimana bisa ia mengenal seluk beluk permainan bulu tangkis kalau tidak rutin dimainkan dan dipelajari? Sama halnya dengan UNBK matematika, fisika, kimia, bahasa inggris, sosiologi, akuntansi, sejarah dan biologi.

Butuh ketekunan dalam mengerjakan latihan-latihan soal, sehingga kita bisa makin mengenal tiap model soal yang diujikan. Setiap kali menemukan kesulitan, kita bisa mencari dan memahami materi dari buku pelajaran atau video pendidikan yang gratis. Jika sudah mengerti alur pemecahan masalahnya, maka artinya kita sudah menguasai satu tipe soal ujian. Semakin rutin berlatih, semakin banyak pula tipe soal yang kita kuasai. Tidak menutup kemungkinan, kita juga bisa menguasai semua tipe soal dan meraih nilai 100 seperti Rifai.
latihan soal gratis, tips belajar unbk, tips sukses ujian nasionalTampilan menu utama laman website TryoutOnline.id.

Memilih untuk mengikuti bimbel pun tidak salah. Tetapi bimbel saja kalau tanpa ada latihan rutin

dari diri sendiri setiap harinya, hasilnya juga akan kurang memuaskan. Tugas guru bimbel ialah memberikan penjelasan terhadap materi-materi yang belum kita pahami. Nah kembali lagi jika kita sudah paham dan menguasai materi itu, maka saatnya untuk berlatih dan berlatih terus-menerus sampai kita benar-benar menguasainya.

Kalau harus banyak berlatih, berarti pasokan soal latihan kita juga harus banyak dong? Tentu saja! Tapi dengan bantuan teknologi digital yang semakin canggih, permasalahan ini bisa diselesaikan dengan mudah. Kita bisa mendapatkan banyak latihan soal dari internet. Eits, tapi kita juga harus ekstra hati-hati dalam memilih situs penyedia soalnya! Jangan sampai kita menghabiskan waktu dengan mengerjakan soal-soal dari situs yang kurang berkualitas dan tidak kredibel, atau bahkan menghabiskan uang karena situs tersebut berbayar.

 

Sumber :

https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalBisnis/comment/view/500/474937/1106186