Cobol? paan tuh?

Home / Pendidikan / Cobol? paan tuh?

Cobol? paan tuh?

Table of Contents

Cobol? paan tuh?

Cobol? paan tuh?

Cobol? paan tuh?

Cobol? paan tuh?
Mungkin beberapa dari sekian pembaca blog ini masih merasa aneh sekali mendengar nama itu, soalnya gue sendiri juga baru tahu ada bahasa pemrograman kek gitu pas masuk ke Gundar. Mungkin kampus gue ini mengajarkan bahasa ini agar kita para mahasiswanya tau ada banyak bahasa pemrograman “Level Tinggi” selain Basic, Pascal dll.

Emangnya cobol itu apaan dah?
Nah, Sebelumnya Kita bahas dulu dari sejarahnya. Menurut Bang Wikipedia, COBOL atau kepanjangan dari Common Business Oriented Language adalah bahasa pemrograman generasi ke tiga(Demi apapun gue gak tau apaan yang dimaksud generasi disini -__-“, kalo ada yang tau, kasi tau yah di kolom komentar dibawah :)). Bahasa pemrograman ini ditujukan untuk menyelesaikan masalah masalah perdagangan kayak laporan keuangan dan lainnya.
Kalo menurut catetan gue, COBOL itu pertamanya dirilis pada tahun 1959. Lalu dirilis secara formal pada tahun 1960 dan diperbaharui pada tahun 1965.

Terus, keuntungan dari COBOL itu apa?
Ada beberapa keuntungan yang bisa kita ambil, menurut buku catetan gue, keuntungan cobol:
Instruksinya dalam bahasa inggris: mudah dipelajari dan dibuat.
Sesuai untuk pengolahan data: terutama untuk permasalahan bisnis.
Standard: dapat digunakan pada komputer yang berbeda tanpa banyak perbedaan.
Struktur program yang jelas.
Adanya Listing program.
Mudah didokumentasi dan dikembangkan.
Oke lah lanjut, daripada banyak cingcong, kita lanjutkan ke inti dari artikel ini. Artikel ini sengaja gue buat untuk para pemula kayak gue biar gak kesulitan untuk belajar dari awal dalam bahasa pemrograman COBOL ini, soalnya gue juga ngerasain betapa susahnya nyari artikel bahasa indonesia tentang cobol. Termasuk Kompilernya juga lumayan susah :'(

I Know :'(
Lanjut…
Pertama tama, yang harus dimiliki adalah, COMPILER nya. soalnya kalo gak ada compilernya, ya gak jalan dong. 😀
Sebenernya sih ada macem macem compiler cobol, ada yang dari fujitsu dan lain lain, tapi disini gue make nya yang MS COBOL soalnya di kampus gue dipakenya kayaknya yang itu deh hehe.

Sumber : https://blog-fiesta.com/