Pendekatan Rekayasa Perangkat Lunak

Home / Pendidikan / Pendekatan Rekayasa Perangkat Lunak

Pendekatan Rekayasa Perangkat Lunak

Pendekatan Rekayasa Perangkat Lunak

Pendekatan Rekayasa Perangkat Lunak

Pendekatan Rekayasa Perangkat Lunak

Salah satu cabang ilmu komputer yang relatif baru adalah rekayasa perangkat lunak. Cabang ini merupakan teknologi yang terdiri dari beberapa layer. Layer proses bertindak sebagai perekat yang mempertahankan layers teknologi dan memungkinkan pengembangan perangkat lunak komputer menjadi rasional dan tepat waktu. Selain itu, layer proses juga mendefinisikan framework yang harus didirikan agar penyerahan teknologi rekayasa perangkat lunak menjadi efektif.

Sementara layer metode menyediakan teknik bagaimana membangun perangkat lunak, layer ini juga meliputi tugas-tugas yang mencakup analisis (kebutuhan sistem atau kebutuhan pengguna), perancangan, implementasi (pemrograman atau coding), pengujian (testing), dan pengoperasiaan dan pemeliharaan. Sedangkan layer tools memberikan dukungan otomatis atau semi otomatis terhadap layers proses dan metode. Jika tools yang digunakan saling terintegrasi sehingga informasi yang dihasilkan oleh suatu tool dapat digunakan tools yang lain, maka sistemnya sering disebut CASE ( Computer Aided Software Engineering).

Untuk memecahkan masalah-masalah aktual di dalam dunia industri, maka para analis (ahli rekayasa) harus menggabungkan startegi pengembangan yang meliputi layers proses, metode, dan tools diatas. Startegi ini sering disebut sebagai model proses atau paradigma rekayasa perangkat lunak.

Tugas-tugas seorang perancang SIG tidak sekedar menuliskan kode, program, atau bahasa skrip, tetapi lebih pada penyediaan : 1) informasi mengenai model-model dan struktur-struktur data yang tepat, 2) perangkat lunak yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan analisis dengan biaya yang terjangkau, 3) pelatihan-pelatihan yang diperlukan oleh pengguna, dan 4) sistem yang sesuai untuk organisasi yang bersangkutan.

Sumber : https://mbestarticles.page.tl/Online-education-Lecturer.html