80 Persen Informasi Air di Sosmed adalah Hoax?

Home / Pendidikan / 80 Persen Informasi Air di Sosmed adalah Hoax?

80 Persen Informasi Air di Sosmed adalah Hoax?

80 Persen Informasi Air di Sosmed adalah Hoax?

80 Persen Informasi Air di Sosmed adalah Hoax

80 Persen Informasi Air di Sosmed adalah Hoax

Banyaknya beredar informasi tak tepat seputar air kemasan dengan kadar zat tertentu seperti air alkali

, air mineral hingga air demineral membuat beberapa dokter kewalahan. Sebab pasien dengan penyakit kronis pun lebih memilih meninggalkan pengobatan medis karena lebih percaya pada kampanye air tertentu.

“Contohnya air dengan kadar tertentu bisa mematikan kanker dan akhirnya pasien lebih memilih terapi itu. Saat mereka balik lagi ke rumah sakit, stadium kankernya sudah naik lagi. Seandainya sejak awal kami tangani tak akan berakibat lebih fatal tentunya. Kadang kami hanya bisa mengelus dada,” kenang Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK.

Menurutnya, banyak orang salah kaprah tentang air yang semestinya dikonsumsi

dan mampu memberikan manfaat yang sesuai. Air harus memiliki kandungan mineral untuk mencukupi kebutuhan hidrasi. Sedangkan untuk jenis air demineral, air dengan pH tinggi, maupun air dengan tambahan kandungan oksigen, masih memerlukan dukungan kajian ilmiah lebih lanjut untuk mengetahui bahwa jenis-jenis air tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan lain.

“Saat ini belum ada bukti klinis atau ilmiah atau publikasi klinis maupun ilmiah jenis tipe air tertentu itu, mampu memberikan manfaat kesehatan. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO),” jelasnya dalam acara Hydration Talk yang disponsori oleh Danone-Aqua di Hotel Marriot Surabaya, Senin (30/9/2019).

Dikatakan, justru mengonsumsi air yang tidak mengandung mineral dapat meningkatkan risiko osteoporosis

, hipertensi, serangan jantung, dan hipotiroid. Penting diingat bahwa dalam memilih air minum harus memenuhi hidrasi sehat, mengonsumsi air mineral biasa saja sangat bermanfaat untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh.

 

Baca Juga :